Saturday, April 20, 2013

Bengawan Solo meluap lagi, Bojonegoro dilanda banjir

LENSAINDONESIA.COM: Wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur kembalai dilanda banjir, setalah sungai Bengawan Solo meluap, Sabtu pagi (20/04/2013).

Berdasarkan pantauan LICOM, rumah-rumah warga desa di sekitar bantaran sungai wilayah Kecamatan Trucuk dan Kanor mulai terenang air. Warga khawatir, banjir akan semakin tinggi dan meluas bila terjadi hujan lebat atau air kiriman dari daerah hulu.

Baca juga: Pemkab Bojonegoro tolak bantuan banjir berupa uang dan Tidak ada ganti rugi untuk korban banjir Bojonegoro

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro Kasiyanto mengatakan, banjir saat ini sudah masuk siaga II. Untuk itu, warga yang bermukim di sekitar bantaran sungai diminta bersiap-siap mengamankan barang.

“Warga harus siaga. Ini dalam rangka mengantisipasi jika ada hujan susulan di daerah hulu, yang pasti airnya akan semakin bertambah,” terangnya.

Menurut Kasiyanto, banjir saat ini disebabkan hujan selama dua hari yang terjadi di wilayah Solo, Sragen Jawa Tengah, Ngawi, Ponorogo serta Madiun. “Airnya bermuara ke Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro ini,” katanya.

Meski demkian, pantauan BPBD di daerah Ngawi, banjir akibat luapan air sungai terpanjang di Pulau Jawa ini sudah mulai surut.

“Sejak semalam trend air terus meningkat hinga menembus level siaga II. Namun kemungkinan akan berangsur surut,” ujarnya.

Berbagai persiapan antisipasi pengamanan banjir telah di siapkan di BPBD mulai dariyakni perahu karet dan alat-alat dapur umum.@hidayat

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 20 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/20/bengawan-solo-meluap-lagi-bojonegoro-dilanda-banjir.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment