Thursday, April 18, 2013

APEC target pencapaian Bogor Goals

LENSAINDONESIA.COM: Pertemuan tingkat pejabat tinggi SOM II APEC membahas penekanan tiga prioritas, dalam pertemuan tingkat menteri dan kepala negara tahun lalu di Rusia.

Menurut Yuri O Thamrin dalam keterangan yang diberikan bahwa peserta APEC segera memfokuskan diri terhadap tiga prioritas, antara lain pencapaian Bogor Goals seperti yang disampaikannya kepada LICOM, Rabu (18/4) di JW Marriot, Surabaya.

Baca juga: Indonesia dorong APEC bahas lemahnya konktivitas antar negara dan WW ancam pecat, anggota Dewan melawan

Ekonomi APEC diharapkan terus fokus dan menjaga komitmen yang pernah disepakati untuk merealisasikan Bogor Goals, sekaligus turut serta mendukung keberhasilan Konfrensi Tingkat Menteri WTO ke-9 di Bali yang akan digelar akhir tahun ini.

“Kita segera bahas soal perdagangan dan investasi, termasuk masalah konektivitas, persayaratan konten lokal, subsidi perikanan, daftar barang ramah lingkungan serta pembangunan kapasitas,” kata Yuri O Thamrin kepada sejumlah wartawan.

"Adapun prioritas kedua adalah pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan, dan berkeadilan,” tegasnya.

Delegasi Indonesia akan memberikan paparannya tentang inisiatifnya “Renewable energy for energy security in the APEC region".

"Dalam hal ini pembahasan akan difokuskan soal kesehatan, usaha kecil menengah, peranan wanita, keamanan pangan, energi dan lingkungan. Terutama kelautan dan kehutanan selain hal tersebut juga terkait keuangan,” papar Yuri O thamrin.

“Kita tinggal memiliki waktu hanya 5 bulan saja untuk membahas semua ini agar hasil kongkrit bisa kita sampaikan dipertemuan Tingkat Menteri dan pemimpin di Bali Oktober mendatang,” tukas Ketua SOM APEC II.

Sementara itu prioritas ketiga adalah promosi konektivitas yang akan membahas mengenai perbaikan konektivitas dikawasan ekonomi termasuk melalui pembangunan infrastruktur fisik, perbaikan institusi dan hal yang diperkirakan memperlancar hubungan antar penduduk di kawasan Asia Pasifik. @dhimasprasaja

 

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 18 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/18/apec-target-pencapaian-bogor-goals.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment