Thursday, April 18, 2013

NU dukung PKB di Pemilu 2014

LENSAINDONESIA.COM: Dukungan politik terhadap DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Surabaya dalam Pemilu 2014 terus berlanjut. Belum genap sebulan terbentuk setelah ditunjuk oleh Ketua DPP PKB, ternyata kepengurusan yang baru mendapat dukungan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya.

Ketua PC Nahdlatul Ulama Kota Surabaya, KH Syaiful Chalim mengatakan, secara sejarah Partai Kebangkitan Bangsa mempunyai ikatan emosional yang cukup kuat dengan NU. Hal ini dikarenakan pendiri PKB merupakan Kyai-Kyai NU terutama KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur. Meski digoncang dengan konflik internal dikarenakan adanya ada penolakan caretaker. Situasi ini, lanjut Gus Syaiful sempat membuat NU Surabaya lebih memilih pasif.

Baca juga: PAN: Partai harus bonafid agar dilirik masyarakat dan PPP terbuka untuk non muslim, itu kekeliruan sejarah

“PKB kan seperti itu kemarin, ya kita tidak masuk terlalu jauh menilainya. NU sendiri sudah banyak partai politik yang datang, bahkan meminta istri saya untuk bergabung. Tapi saya tidak memperbolehkannya,” ungkap Gus Syaiful.

Menurutnya, langkah kepengurusan DPC PKB Surabaya saat ini yang dikomandani Syamsul Arifin tersebut berjalan sesuai dengan kultur PKB. Dimana setelah mendapatkan Surat Keputusan dari DPP per tanggal 21 Maret 2013 terkait pengesahan pengurus langsung bergerak ke tokoh agama maupun kyai. Kultur itu, lanjut pria yang juga pengurus Forum Kerukunan Antar Umat Beragama itu, bisa menjadi modal PKB untuk terus melakukan komunikasi dengan tokoh-tokoh NU di tingkatan cabang hingga kecamatan.

“Secara moral saya dukung PKB yang mempunyai sejarah dengan NU. Ini yang sering disampaikan Rois Syuriah kepada kami. Beliau meluruskan garis kebijakan NU secara benar. Saya kira dengan silaturahmi ini akan cukup bagus menjaga komunikasi antara NU dengan PKB khususnya di Surabaya,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Tanfidz DPC PKB Surabaya, H Syamsul Arifin, mengatakan dukungan Nahdlatul Ulama ini akan menjadi modal yang cukup bagus dalam mengarungi perpolitikan tahun 2014. Untuk itu, pihaknya secara tegas akan memperjuangkan dan membesarkan NU ke depannya.

“Partai Kebangkitan Bangsa merupakan milik warga NU, silahkan bersama-sama membesarkannya untuk kemajuan NU. Kami sangat berbangga bahwa Kyai-Kyai NU begitu mendukung ke PKB secara utuh," tegasnya.

Dengan dukungan NU ini, semakin menguatkan potensi keberhasilan PKB untuk menghijaukan Surabaya. Masa itu sempat dipunyai pada tahun 2004 lalu. Target 15 kursi minimal sudah digulirkan ke Calon Legislatif. @iwan_christiono

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 18 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/18/nu-dukung-pkb-di-pemilu-2014.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment