Friday, April 19, 2013

Kemenlu beri penghargaan wartawan termuda KAA tahun 1955

LENSAINDONESIA.COM: Dalam rangka peringatan Konfrensi Asia-Afrika (KAA) ke 58 tahun 2013, Kementerian Luar Negeri RI memberikan penghargaan kepada Inen Rusnan. Pria berusia 75 tahun itu sebagai wartawan (fotografer) termuda saat itu, dan dinilai sebagai saksi sejarah KAA 1955.

Penghargaan dari Kemenlu tersebut  diserahkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri, Wardana  didampingi Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf, serta Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Abdurrahman Mochammad Fachir, di Gedung Merdeka, Jalan Asia-Afrika, Jum'at (19/4).

Inen  menyatakan, waktu KAA tahun 1955 lalu dirinya baru berusia 18 tahun. Ia bekerja di James Foto merangkap fotografer di salah satu media cetak terbitan Bandung.  Hingga kini foto dan klise foto masih tersimpan rapih. Sehingga masih bisa di reproduksi. “Jadi sewaktu-waktu bila diminta untuk diadakan pameran foto sejarah KAA, saya siap,” ujar Inen yang kini sudah berusia hampir 75 tahun.

Selain Inen, Kemenlu juga memberikan penghargaan kepada 12 orang saksi  sejarah  yang hadir saat kegiatan Konfrensi Asia-Afrika tahun 1955. Diantanya, Jackson Leung Sze Mau sebagai pengalung bunga saat itu, pemerhati Museum KAA asal Hongkong ini dinilai telah menyebarkan semangat Bandung pada pemangku jabatan di negara-negara Asia, terutama pada pengusaha di China dan Indonesia.

Penghargaan juga diberikan kepada Deni Rachman sebagai salah satu pendiri Sahabat Museum KAA dan Asian-African Reading Club, Sammy Kanadi, Anggota Asosiasi Bendera, Tobing Jr Koordinator Komunitas Layar Kita, Gempa Nugraha, Ketua Dewan Kerja Kwartir Cabang Kota Bandung dan sejumlah nama lainnya.

Sementara itu, Kepala Museum KAA Thomas Ardian Siregar menyatakan, sejak tahun 2009, ada sebanyak 1.550 orang anggota Pramuka Kwarcab Bandung  turut serta menyukseskan berbagai kegiatan Museum KAA. Serta giat mempromosikan semangat Bandung di kalangan Pramuka.

Mereka yang menerima penghargaan tersebut dinilai telah melakukan upaya memelihara dan menyebarluaskan semangat bandung pada generasi muda dengan berbagai wadah dan kegiatan.@husein/khairul

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 19 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/19/kemenlu-beri-penghargaan-wartawan-termuda-kaa-tahun-1955.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment