Wednesday, April 17, 2013

Caleg perempuan lampaui target, PKS Malang awali pendaftaran

LENSAINDONESIA.COM: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Malang mengawali pendaftaran calon legislatif (Caleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, Rabu (17/4/2013). Dari sejumlah 61 Caleg itu untuk DPRD Kota Malang sebanyak 45 orang, Propinsi Jatim dan DPR RI masing-masing delapan orang.

"Secara akumulatif, Alhamdulillah, yang didaftarkan untuk kuota perempuan sudah melebihi target atau ketentuan sebanyak 30 persen. Sebab, khusus untuk Caleg DPRD Kota Malang saja ada 16 Caleg perempuan. Sedangkan Caleg DPRD Jatim dan DPR RI masing-masing ada 3 Caleg perempuan," papar Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PKS Kota Malang, Khairul Amri usai mendaftarkan Caleg PKS di kantor KPU Kota Malang.

Baca juga: Debat kandidat Pilwali Malang ditarif, Mujais absen dan Disuport Polisi, PMII gelar tumpengan di jalan raya

Makanya, Khairul Amri mengaku bersyukur karena PKS tidak kesulitan untuk memenuhi kuota perempuan, seperti yang ditetapkan Undang-undang Pemilu sebanyak 30 persen, meski tidak seluruhnya murni kader PKS. Sebab, menurut dia, para Caleg yang didaftarkan itu ada sekitar 10 persen yang direkrut dari eksternal partai.

Mereka direkrut, kata dia, selain pertimbangan profesional dan kemampuan yang dimiliki Caleg yang bersangkutan, juga berdasarkan visi dari PKS sendiri. Dia menjelaskan bahwa PKS merupakan partai terbuka. Sehingga, Caleg yang direkrut tidak hanya dari internal partai saja.

Calek dari eksternal partai itu dikatakan dia merupakan mantan birokrat dan pengusaha. "Mereka memiliki visi dan misi yang sama dengan PKS. Sehingga, kami rekrut mereka menjadi Caleg untuk pemilihan legislatif (Pileg) 2014 nanti," papar dia.

Di sisi lain dia menjelaskan bahwa di antara Caleg itu ada Calon wali kota (Cawawali) yang diusung untuk Pilwali Malang, 23 Mei 2013 nanti. Cawawali tersebut adalah Arief HS. Dia berpasangan dengan Cawali Agus Dono Wibawanto yang diusung Partai Demokrat.

Menurut Khairul Amri, Arief HS itu merupakan warga Kota Malang yang saat ini juga menjadi anggota DPRD Jatim dari Fraksi PKS. Arief HS ini menjadi Caleg DPRD Kota Malang pada pemilu 2014 dari Dapil Kedungkanang.

"Arief HS memang saat ini selain jadi Cawawali juga anggota DPRD Jatim. Meski menjadi Cawawali dan dia di-caleg-kan tidak ada masalah. Sebab, memang tidak ada aturan larangan bagi Cawali atau Cawawali dicalonkan menjadi Caleg," terang dia.

"Begitu juga, pergeseran pencalegkannya. Jika sebelumnya sudah menjadi anggota DPRD Jatim, tidak ada masalah bila dicalonkan menjadi legislatif DPRD Kota/Kabupaten. Karena itu, tandas dia, proses pen-caleg-kan di PKS disesuaikan dengan kebutuhan," pungkasnya. @aji dewa roisky

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 17 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/17/caleg-perempuan-lampaui-target-pks-malang-awali-pendaftaran.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment