Wednesday, April 17, 2013

Solar langka, Pakde Karwo surati Menko Perekonomian

LENSAINDONESIA.COM: Langkanya bahan bakar minyak (BBM) jenis solar yang terjadi di sejumlah SPBU Jawa Timur direspon oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Pihaknya bahkan sudah mengirimkan surat protes kepada Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa beberapa hari lalu.

“Ya saya sudah kirim surat ke Menko Perekonomian untuk mendorong ekspor solar kita,” katanya saat ditemui LICOM di Gedung Grahadi Surabaya, Rabu (17/4).

Baca juga: PDIP di Senayan: Pemerintah jangan 'mainkan' BBM jelang Pemilu, deh! dan Soal teroris serius, soal pemberantasan mafia migas nol besar!

Menurutnya, untuk mengatasi hal tersebut perlu dikelompokkan saat pengisian solar di setiap SPBU.

“Solusinya menurut saya orang yang mampu harus dikumpulkan di pom tertentu dan harus beli ditempat itu. Sementara orang yang ga mampu juga dikumpulkan di SPBU tertentu dan belinya juga harus ditempat itu. Jadi jangan malah dikurangi subsidi solarnya,” tegasnya.

Sementara Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf justru mencurigai adanya praktik penimbunan sebagai salah satu faktor penyebab kelangkaan solar.

“Salah satu penyebabnya diduga penimbunan. Ini harus diungkap. Jika memang terbukti harus ditindak. Proses investigasi untuk mengungkap dugaan penimbunan ini tanggung jawab kepolisian,” imbuhnya.

Seperti diketahui, kelangkaan solar yang terjadi di sejumlah SPBU Jatim mulai meresahkan pengusaha angkutan. Puluhan armada bus antar kota dan antar provinsi (AKAP) yang biasa melayani perjalanan reguler melalui Terminal Purabaya, Surabaya terpaksa tidak beroperasi.

Jumlah armada bus di terminal tersebut menurun sejak beberapa hari lalu. Lebih dari 50 bus yang biasa melayai rute reguler melalui terminal ini berhenti beroperasi.

Karena sejumlah SPBU yang dilalui wilayah Jawa Timur hampir seluruhnya membatasi pembelian solar dengan batas maksimum antar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu untuk satu unit bus yang antre. @sarifa

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 17 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/17/solar-langka-pakde-karwo-surati-menko-perekonomian.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment