Tuesday, May 14, 2013

Presiden SBY buka sidang Dewan Olahraga Militer Internasional 2013

LENSAINDONESIA.COM: Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono membuka pelaksanaan 68th General Assembly & Congress CISM (Conseille International du Sport Militaire) atau sidang Dewan Olahraga Militer Internasional 2013 di Grand Ballroom Hotel Sultan Jakarta, Senin (13/5/13) sore.

Kegiatan yang diikuti oleh 133 delegasi negara peserta ini berlangsung mulai tanggal 13-18 Mei 2013.

Baca juga: Dukung Latgab, TNI gelar baksos kesehatan di daerah latihan dan Siapkan Operasi Linud, pasukan khusus TNI terjun rahasia di Bima

Pelaksanaan 68th General Assembly & Congress CISM adalah forum dewan CISM tertinggi yang terdiri dari 133 delegasi negara. Agenda utamanya merumuskan dan menetapkan rencana strategis dan program tahunan, serta empat tahunan CISM.

Forum ini merupakan wadah sosialisasi dan promosi CISM bagi perdamaian dunia, khususnya di kawasan Asia Tenggara dan Asia.

Presiden RI dalam sambutannya membagi lima poin pentingnya acara kejuaraan olahraga militer level internasional ini. Pertama, dengan olahraga anggota para militer bisa menunjukan bakat dan minatnya. Olahraga bahkan tidak menjadi hobi saja namun pencapaian dengan adanya kejuaraan yang diselenggarakan.

Kedua, karakter olahraga penting untuk menggali sportifitas dan semangat menyosialisasikan kesetaraan. Juga sebagai ajang latihan dalam tim nasional masing-masing. Ketiga, olahraga bisa digunakan untuk menyampaikan pesan perdamaian yang mana hal tersebut sejalan dengan motto CISM yaitu friendship through Sport.

Keempat, olahraga juga menjadi promosi untuk pentingnya kesehatan apalagi sebagai militer, setiap anggota harus memiliki peforma prima. Sementara poin kelima, ajang kejuaraan bisa menegaskan kesetaraan gender.

Sementara itu, Presiden CISM, Hamad Kalkaba Malboum, dalam sambutannya menyatakan, militer Indonesia tidak hanya aktif ikut dalam kongres dan kejuaraan olahraga oleh CISM namun juga dikenal aktif serta dalam tugas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam misi perdamaian.

Pada kesempatan tersebut Presiden RI mendapatkan penghargaan "The Order Merit of Grand Cordon" atas citra positif, sekaligus peran aktif Indonesia dalam hal ini TNI, dalam mendukung organisasi CISM.

Dalam konteks hubungan internasional, penetapan TNI dalam hal ini KOMI (Komite Olahraga Militer Indonesia) sebagai tuan rumah pelaksanaaan 68th General Assembly and Congress merupakan bentuk peran aktif TNI dalam mendukung organisasi olahraga militer dunia CISM.

Melalui pengembangan dan pembinaan olahraga militer di forum internasional bagi kepentingan persahabatan dan perdamaian dunia, selain mengirim kontingen Garuda dalam misi PBB yang telah dilaksanakan selama ini. Peran aktif TNI dalam keolahragaan militer internasional ini merupakan salah satu bentuk pembinaan organisasi dan personil untuk meningkatkan profil internasional TNI melalui peningkatan kapasitas personil dan prestasi olahraga TNI.

Peran aktif ini selanjutnya diarahkan pada potensi TNI sebagai sumber atlit andalan nasional dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga nasional di forum Sea Games, Asean Games dan Olympic Games.

Pembukaan Kongres ke-68 CISM ditandai dengan pemukulan gong oleh Presiden RI, didampingi Menhan Purnomo Yusgiantoro, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, Gubernur DKI Joko Wododo dan Presiden CISM Kalbaba Malboum.

Autentikasi :
Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl Minulyo Suprapto

sby-general-assembly-tni sby-general-assembly-tni-1 sby-general-assembly-tni-2 sby-general-assembly-tni-3 sby-general-assembly-tni-4 alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Khairul Fahmi @lensaindonesia 14 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/14/presiden-sby-buka-sidang-dewan-olahraga-militer-internasional-2013.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment