Sunday, May 12, 2013

Satpolair Gresik temukan Toyota Innova di dasar laut

LENSAINDONESIA.COM: Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menemukan sebuah mobil di dasar laut, Sabtu (11/05/2013).

MObil jenis Toyota Innova warna silver itu ditemukan di kedalaman 30 meter dasar laut perairan Pelabuhan PT Wilmar Nabati Indonesia (WNI) Kecamatan Kebomas.

Baca juga: Respel Tanjung Perak Bentuk Tim Patroli Laut

Kepala Satpolair Polres Gresik AKP Bintara mengatakan, penemuan mobil berawal dari aktivitas penyelaman pencari besi tua yang tergabung dalam Paguyuban Alam Lestari Laut Tradisonal (Palaut).

Pola pencarian besi, ujarnya, dengan menggunakan magnet untuk memancing besi tua yang tertinggal di dasar laut.

“Ketika magnet berada di perairan Pelabuhan PT WNI yang berkedalaman 30 meter, salah seorang pencari besi mengaku mengangkat benda berat, kemudian dilakukan penyelaman dan diketahui ada kontainer/petikemas di dasar laut,” katanya.

Bintara mengatakan setelah dilakukan pengangkatan terhadap kontainer yang mempunyai ukuran berat 20 feet dari dasar laut, dan isi kontainer dibuka, terdapat mobil di dalamnya.

“Kami melakukan pengangkatan atau evakuasi dengan menggunakan “crane” atau alat berat untuk mengangkat kontainer beserta mobilnya dari dasar laut,” katanya.

Sementara, salah seorang pencari besi tua, Roi Fadeli mengaku awalnya tidak menyangka bisa menemukan mobil di dasar laut di wilayah perairan Kabupaten Gresik, sebab sebelumnya tidak ada peristiwa kapal tenggelam atau mobil yang tercebur ke laut.

Ia menduga keberadaan kontainer yang berisi mobil di dasar laut itu adalah sisa kontainer dari persitiwa tenggelamnya kapal di perairan Surabaya, kemudian terbawa arus hingga ke perairan Gresik.

“Kemungkinan itu barang atau kontainer dari kapal yang tenggelam di wilayah perairan Surabaya, dan mobil yang ditemukan adalah jenis Toyota Innova dengan warna silver dan tahun pembuatan 2008,” katanya.@ridwan_licom/ant

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Mohammad Ridwan @lensaindonesia 12 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/12/satpolair-gresik-temukan-toyota-innova-di-dasar-laut.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment