Tuesday, March 26, 2013

Banyak lahan pertanian alih fungsi ke perumahan

LENSAINDONESIA.COM: Sejumlah area lahan pertanian di wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah banyak beralih fungsi menjadi perumahan. Dikhawatirkan, alih fungsi lahan ini bisa mengancam keberlangsungan pertanian dan merusak lingkungan.

Dari data Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Kendal, tercatat selama dua tahun terakhir ini sebanyak 110 hektar lahan pertanian produktif telah beralih fungsi menjadi perumahan.

Pada 2011, tercatat ada 80 hektar lahan pertanian yang berfungsi menjadi perumahan. Sementara di tahun 2012, sekitar 30 Hektar telah beralih fungsi untuk perumahan.

Sri Purwati, Kepala Dinas PPP&Hut Kabupaten Kendal menyatakan sebaran alih fungsi lahan untuk perumahan tersebut terletak di daerah Pantai Utara yang padat penduduk, dan dekat dengan wilayah pemerintahan.

"Diantaranya tersebar di Kecamatan Brangsong, Patebon dan Cepiring,” terangnya, Selasa (26/03/2013).

Meski demikian, Purwati justru menilai alih fungsi lahan pertanian tersebut masih aman. Menurutnya dari 26.086 hektar lahan pertanian yang ada saat ini telah melebihi kuota yang ditetapkan pemerintah, yakni sebanyak 22.666 hektar. "Kami juga masih mempunyai lahan cadangan untuk pertanian sebanyak 1.132 Hektar," lanjutnya.

Terpisah, Wahyudi Mukti, Koordinator LSM Gerbang Tani Jawa Tengah, menilai terjadinya alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan seharusnya menjadi perhatian serius buat pemerintah.

"Pasalnya, keberlangsungan petani dan komoditas pertanian harus diperhatikan dan dijaga, mengingat pertanian menjadi penopang komoditas pangan di daerah," tegas Wahyudi.@nur

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Rizal Hasan @lensaindonesia 26 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/26/banyak-lahan-pertanian-alih-fungsi-ke-perumahan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment