Friday, March 29, 2013

Disdukcapil Lamongan gandeng Kantor Pos demi kelancaran e-KTP

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

LENSAINDONESIA.COM: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lamongan akan berkerjasama dengan Kantor Pos untuk memudahkan pelayanan mengurus dokumen kependudukan warga tempat tinggalnya jauh dari kota.

Inovasi ini diambil sebab luasnya wilayah Lamongan sering membuat penduduknya malas, kecuali ada kebutuhan mendesak, untuk mengurus dokumen kependudukan hingga ke kantor Disdukcapil yang letanya ada di kota.

Baca juga: Bupati Lamongan Jadi Warga Pertama Penerima e-KTP

Dengan adanya kerjasama dua lembaga ini, warga yang akan mengurus cukup melalui Kantor Pos di kecamatan masing-masing. Nantinya data permohonan kependudukan akan dikirim ke Dispendukcapil.

“Kerjasama ini diharapkan memberikan kelonggaran waktu dan kesempatan yang sama pada para pemohon di seluruh wilayah Lamongan. Karena pemohon dapat mengirimkan suratnya di setiap kantor pos terdekat sehingga tidak perlujauh-jauh ke Disdukcapil. Belum lagi ini juga bisa memangkas ongkos transportasi,” ungkap Kepala Disdukcapil Mursyid kemarin.

Namun lebih dari itu, lanjut dia, kerjasama itu untuk memenuhi azas Good Corporate Governance. Yakni antara pemohon dan dengan Disdukcapil tidak terjadi interaksi langsung. Sehingga mencegah transaksi di luar sistem. Juga menghindari antrian saat pelayanan.

“Pemohon yang biasanya harus dua kali bolak-balik ke Disdukcapil, kini tidak perlu lagi,” ujarnya.

Ditambahkannya, dokumen yang sudah jadi juga akan dikirimkan PT Pos kepada pemohon langsung. “Surat permohonan Disdukcapil ini akan diperlakukan sebagai produkk husus dengan menyediakan loket khusus. Petugas di loket juga akan memberikan bantuan pemohon yang akan mengisi berkasnya,” kata dia.

Terkait program KTP elektronik (e KTP), Mursyid menyebutkan sampai dengan akhir Februari lalu, e KTP Lamongan yang sudah tercetak mencapai 611.793 lembar. Atau sebanyak 68,83 persen disbanding realisasi perekaman e KTP yang sebanyak 888.843 orang.

“Jumlah (e KTP tercetak) ini dipastikan masih bisa bertambah karena pengirimannya dari Kemendagri langsung kek ecamatan,” imbuh dia.@ali muhtar

 

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Mohammad Ridwan @lensaindonesia 29 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/29/disdukcapil-lamongan-gandeng-kantor-pos-demi-kelancaran-e-ktp.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

1 comment:

  1. Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib PAK MANDALA telah saya buktikan juga kemarin saya dapat,awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama PAK MANDALA, 3D SGP akhirnya tembus menang 175 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih PAK MANDALA jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan bergbung dengan PAK MANDALA DI 082348985714



    ReplyDelete