Monday, February 25, 2013

Harga Sapi Naik, Tengkulak Luar Daerah Serbu Pasar Hewan Bojonegoro

LENSAINDONESIA.COM: Hingga saat ini harga sapi di wilayah Bojonegoro, Jawa Timur terus mengalami kenaikan. Hal terjadi akiat imbas banyaknya sapi dari Bojonegoro yang di borong para pedagang luar daerah untuk di kirim ke Jawa Barat dan Jakarta.

Pantauan LICOM di Pasar Hewan Bojonegoro, saat ini harganya sapi dewasa mencapai Rp 13 hingga 16 juta per ekor. Pada hal beberapa bulan lalu, harganya sapi ukuran besar dan sedang (dewasa) berkisar antara Rp 12 hingga 15 juta per ekornya.

Baca juga: Sepi Pembeli, Pedagang Hewan Kurban Bojonegoro "Galau" dan Awas! 1.200 Ekor Itik di Bojonegoro Mati Mendadak

Menurut pedagang, para tengkulak memburu hewan ternak jenis ini di Bojonegoro karena harganya masih rendah di banding dengan kota-kota.

“Kabarnya harga sapi di daerah lain jauh lebih tinggi. Akhirnya para tengkulak yang ingin mendapat untung jadi lari ke sini,” ujar Karmani tengkulak asal Blora, Jateng yang setiap pasaran sapi selalu memborong sapi di Bojonegoro, Senin (25/02/2013).

Akibat banyak tengkulak yang datang ke Bojonegoro ini, lanjur Karmani, secara tidak langsung, para pedagang sapi di pasar hewan juga mulai menaikan harga.

“Setiap pekan saya membeli kurang lebih 5 hingga 10 sapi dari sini untuk dikirim ke Jakarta dan kota –kota besar di Jawa barat. Harga daging di sana tinggi sekali. Bakan hanya saya, para tengkulak juga pasti melilih sapi dengan harga yang murah,” katanya.

Tingginya harga sapi saat ini memang menjadi probelem para konsumen daging sapi. Namun hal demikian tidak dirasakan para peternak sapi lokal di Bojonegoro. Sebab, tingginya harga ini malah membuat mereka meraup untung yang lumayan besar.@hidayat

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 25 Feb, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/02/25/harga-sapi-naik-tengkulak-luar-daerah-serbu-pasar-hewan-bojonegoro.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment