Friday, March 1, 2013

Mensos Anggap Surabaya Paling Sukses Tutup Lokalisasi

LENSAINDONESIA.COM : Komitmen Pemerintah Kota Surabaya dalam pengentasan pekerja seks komersial (PSK) dan penutupan lokalisasi menuai pujian dari Menteri Sosial (Mensos) RI Salim Segaf Al Jufri. Hal itu diungkapkan Mensos saat melakukan kunjungan kerja di Balai Kota Pemkot Surabaya, Jumat (1/3/2013).

Kunjungan kerja Mensos diawali dengan rapat koordinasi penanganan masalah kesejahteraan sosial di ruang sidang wali kota. Selain para pejabat pemkot dan muspida/muspika Surabaya, turut hadir pula Wakil Bupati Banyuwangi beserta jajarannya.

Baca juga: Komisi C Anggap Pemkot Tak Perdulikan Nasib Rakyat dan Asosiasi Kontraktor Surabaya Janji Bentuk Forum Awasi Proyek

Salim Segaf Al Jufri menilai, Surabaya merupakan kota yang berhasil menekan angka prostitusi melalui pengentasan PSK dan penutupan lokalisasi. Upaya tersebut ditempuh dengan tetap mengedepankan aspek kemanusiaan. Program-program yang dicanangkan pemkot berupa pendampingan dan penyediaan lapangan pekerjaan bagi wanita harapan (sebutan bagi mantan PSK), mendapat apresiasi dari Mensos.

“Terus terang, saya sudah berkeliling provinsi, kabupaten dan kota tapi belum pernah menjumpai program yang seperti ini. Saya sangat salut. Ini bisa jadi pilot project nasional,” ujarnya.

Menurut Al Jufri, umumnya kendala yang dihadapi saat hendak menutup lokalisasi adalah peralihan ke profesi baru. Itu lantaran pendapatan yang bakal diterima PSK setelah mentas bisa jadi lebih sedikit. Oleh karenanya, penyediaan lapangan kerja menjadi solusi yang paling pas, agar wanita harapan ke depan bisa mandiri.

“Yang terpenting adalah ketika beralih profesi, mereka bisa mendapat penghasilan yang tak jauh beda dari sebelumnya, dan yang pasti harus halal,” kata menteri dari Partai Keadilan Sejahtera ini. @iwan_christiono

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 01 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/01/mensos-anggap-surabaya-paling-sukses-tutup-lokalisasi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment