Saturday, March 2, 2013

Delapan Kecamatan di Kabupaten Kediri Rawan Bencana Alam

LENSAINDONESIA.COM: Hasil pemetaan yang dilakukan Pemerintah Kabuapten (Pemkab) Kediri diketahui terdapat delapan wilayah yang rawan benacana tanah longsor dan banjir.

Wilayah yang masuk zona rawan tersebut umumnya berada di kawasan pinggiran atau sekitar lereng gunung.

Baca juga: Ratusan Warga di Kediri Terisolir Akibat Longsor dan Puluhan Rumah di Bumi Asri Kota Kediri Kebanjiran

Plt Kabag Humas Pemkab Kediri Edhi Purwanto menyebutkan, delapan rawan tersebut diantaranya Kecamatan Mojo, Semen, Banyakan, Grogol, Tarokan, Kepung, Puncu serta Kecamatan Kandangan.

“Potensi bencana alam ini menjadi ancaman warga, mengingat masyarakat masih minim pengetahuan untuk mendeteksi dini terjadinya bencana alam,” ujar Edhi Purwanto, Sabtu (02/03/2013).

Untuk itu, lanjut Edhi, Pemkab Kediri terus mengupayakan peningkatan kemampuan masyarakat dalam mengetahui tanda-tanda timbulnya bencana alam sebagai deteksi dini.

Diakui Edhi, masyarakat juga harus menjaga kelestarian lingungan tempat tinggal masing-masing dengan cara tidak merusak lingkungan.

Sementara itu, banyak lokasi yang rawan terjadi bencana, Pemkab Kediri sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2 milyar setiap tahunnya.

Anggaran tersebut untuk normalisasi darurat tempat terjadi bencana dan santunan kepada para korban. Selain itu, pihaknya juga telah membentuk satuan tanggap bencana guna menangani khusus masalah teknis bila ada ancaman bencana sewaktu-waktu.@ridwan_licom/bj

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Rizal Hasan @lensaindonesia 02 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/02/delapan-kecamatan-di-kabupaten-kediri-rawan-bencana-alam.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment