Friday, March 1, 2013

Februari, Jatim Alami Inflasi 0,97 Persen

LENSAINDONESIA.COM: Jawa Timur mengalami inflasi sebesar 0,97 persen pada bulan Februari lalu. Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, inflasi terbesar berasal dari adanya kenaikan harga pada sub bumbu-bumbuan sebesar 13,12 persen dibandingkan Januari lalu.

Menurut Kepala BPS Jatim, Irlan Indrocahyo, sumbangan inflasi yang sangat signifikan pada sub bumbu-bumbuan berasal dari tomat sayur dan bawang merah. “Sub itu termasuk pada kelompok bahan makanan yang menyumbang inflasi sebesar 0,63 persen,” katanya pada LICOM, Jumat (1/3/2013).

Baca juga: Waduh! Ekspor Turun, Negara Rugi 1,626 Juta USD dan Kepala BPS: Bahan Baku dan Penolong, Penyebab Impor Melonjak

Selain itu, sub kelompok lain yang memberikan kontribusi besar terhadap inflasi Jatim pada bulan lalu adalah sub kelompok sayur-sayuran yang menyumbang inflasi 0,15 persen. Dan untuk jenis komoditas pemberi sumbangan terbesar terjadinya inflasi, seperti bawang putih, tomat sayur, tarif listrik, bawang merah, ongkos tukang (bukan mandor), kontrak rumah, upah pembantu rumah tangga, batu bata, jagung muda, dan nasi. “Secara umum, dari tujuh kota indeks harga konsumen di Jatim semua wilayah mengalami inflasi,” sambung Irlan.

Sementara untuk posisi inflasi tertinggi terjadi di Surabaya 1,03 persen. Menyusul Sumenep 1 persen, Jember 0,95 persen, Kediri 0,94 persen, Malang 0,88 persen, Probolinggo 0,86 persen, dan yang paling rendah di Madiun 0,75 persen.

Inflasi Jatim pada bulan Februari 2013 terjadi karena sebagian besar kelompok pengeluaran mengalami kenaikan harga yang ditunjukkan peningkatan harga kelompok bahan makanan sebesar 2,71 persen. ”Kelompok perumahan 1,37 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau 0,50 persen, kelompok kesehatan 0,31 persen, kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga 0,09 persen, dan kelompok transpor-komunikasi-jas/keuangan 0,06 persen. Sementara, kelompok sandang justru mengalami deflasi 1,05 persen,” pungkasnya. @sarifa

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 01 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/01/februari-jatim-alami-inflasi-097-persen.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment