Saturday, March 2, 2013

Pendaftaran Caleg Demokrat Sepi di Jatim

LENSAINDONESIA.COM: Adanya persyaratan dana minimal Rp 250 juta untuk menjadi calon Anggota Legislatif (Caleg) melalui Partai Demokrat (PD) Jawa Timur, menjadikan blunder sendiri buat PD untuk menjaring Bacaleg.

Selain banyak diprotes kader partai demokrat, kebijakan demokrasi mahal itu dinilai hanya diperuntukkan bagi orang kaya saja sehingga pendaftaran Caleg PD kini juga sepi peminat.

Baca juga: Anas Berpotensi Jadi Kuda Troya dan Brutus Politik dan Demokrat Kaltim Dukung Penuh Upaya Penyelamatan Partai

Informasinya, untuk mendaftar bacaleg PD, kader harus membayar dana formulir Rp 2 Juta. “Pendaftarannya bayar Rp 2 juta. Selain itu, harus punya minimal dana Rp 250 juta. Kebijakan itu tidak melalui rapat. Itu keputusan sepihak,” tegas sumber yang tidak ingin disebutkan namanya ini, kemarin.

Ditambahkannya, dana pembayaran formulir senilai Rp 2 juta menurutnya tidak diketahui untuk apa karena itu banyak menjadi pertanyaan dari para kader. “Tidak jelas itu digunakan untuk apa, makanya kita mempertanyakan. Karena selain tidak melalui rapat, di partai lain tidak ada penarikan seperti itu,” sambungnya kesal.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim, Ahmad Iskandar, mengakui bahwa ada penarikan sebesar Rp 2 juta bagi yang mendaftar untuk menjadi caleg dari Partai Demokrat. “Hanya saja jika nantinya caleg yang mendaftar di Partai Demokrat ditolak oleh KPU maka uang pendaftarannya tersebut dikembalikan lagi,” ujar politisi yang juga menjabat sebagai Bendahara DPD Partai Demokrat Jatim ini.

Terkait dengan adanya dana minimal Rp 250 juta untuk menjadi Caleg di PD, Iskandar mengakui memang belum ada rapat. Hal tersebut menurutnya hanya wacana saja. “Alasannya untuk turun ke dapil dalam rangka menyapa konstituen kan juga dibutuhkan dana,” ujarnya.

Sekedar diketahui, waktu pendaftaran caleg DPRD Jatim dari PD dibuka sejak 18 Pebruari-25 Februari 2013. Karena masih sepi pendaftar, waktu diperpanjang hingga akhir Pebruari. Meski sudah diperpanjang, ternyata pendaftar belum ada 100 orang sesuai dengan jumlah kursi yang diperebutkan untuk 11 daerah pemilihan. Sehingga batas waktu pengambilan formulir dan pendaftaran diundur lagi hingga 7 Maret nanti.

Koordinator Pendaftaran Caleg DPD PD Jatim Hartoyo, membenarkan belum terpenuhinya jumlah 100 orang pendaftar caleg di partainya. Berdasar laporan yang disampaikan kepadanya, sampai hari ini, yang mengambil formulir baru sekitar 70 orang.

Dari jumlah itu, 21 diantaranya merupakan kader yang sekarang duduk sebagai anggota DPRD Jatim. Sisanya pengurus DPD dan DPC serta tokoh masyarakat. “Tapi kita tetap optimis, hingga penutupan 7 Maret nanti, akan banyak yang mendaftar dan kuota 100 orang akan sangat terpenuhi. Wong pengurus DPD saja jumlahnya lebih dari 100 orang,” cetusnya optimis. @ian_lensa

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Rizal Hasan @lensaindonesia 02 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/02/pendaftaran-caleg-demokrat-sepi-di-jatim.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment