Friday, March 1, 2013

Tiga TKW Sukabumi Bebas Hukuman Pancung Berhasil Dipulangkan

LENSAINDONESIA.COM: Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berhasil memulangkan tiga tenaga kerja wanita (TKW) yang terancam hukuman pancung di Arab Saudi. Para tenaga kerja itu sempat terjerat kasus dugaan pembunuhan dan lain-lain.

“Ketiga TKW tersebut sudah dipulangkan ke rumah masing-masing dan saat ini sudah kembali bekerja di Kabupaten Sukabumi,” kata Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukabumi Aam Amar Halim kepada Antara, di Sukabumi, Kamis (28/02/2013).

Baca juga: Menlu Marty Natalegawa Pastikan TKW Asal Sukabumi Selamat dan Menlu Natalegawa Serahkan "Ratifikasi Optional Protocol" Hak-Hak Anak ke PBB

Ketiga TKW tersebut adalah Nesi binti Dama Idod (31) warga Kampung Pasirceri, Desa Cibenda, Kecamatan Simpenan, Emi binti Katma Mumu (26) warga Kampung Munjul, Kecamatan Gegerbitung dan Neneng Sunengsih binti Mamih Ujan asal Kampung Kubengan Cijoho RT 03/03 Desa Bojongkalong, Kecamatan Nyalindung.

Amar menjelaskan, dua TKW yang dipulangkan pada awal 2012 yakni Nesi dan Neneng sementara satu lagi Emi dipulangkan di pertengahan 2013.

“Sehingga saat ini tidak ada lagi TKW asal Kabupaten Sukabumi yang terjerat kasus hukuman mati di negara tempat bekerjanya,” katanya.

Menurut Aam, keberhasilan pihaknya bisa memulangkan ketiga TKW terancam hukuman pancung tersebut merupakan kerja sama seluruh pihak, mulai dari keluarga korban, LSM peduli TKI, Kemenlu, Kemenakertrans, BNP2TKI serta doa warga Kabupaten Sukabumi.

Pihaknya juga berharap kasus serupa tidak terjadi lagi atau menimpa para TKI yang bekerja di luar negeri.

Untuk antisipasinya, Disnakertrans memperketat pemberangkatan para calon TKI ke luar negeri serta memberantas oknum calo yang memberangkatkan calon TKI secara ilegal.@ridwan_licom/ant

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Mohammad Ridwan @lensaindonesia 01 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/01/tiga-tkw-sukabumi-bebas-hukuman-pancung-berhasil-dipulangkan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment