Saturday, March 2, 2013

RPH Modern Dibanguan di Ponorogo

LENSAINDONESIA.COM:  Sebuah Rumah Pemotongan Hewan (RPH) modern dibangun di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.   Pembangunan RPH  yang dikelola oleh PT Rita Jaya Beff (RJB) di Desa Pijeran, Kecamatan Siman ini diresmikan langsung Bupati Ponorogo H Amin, Jumat (01/03/2013).

Kepala Dinas Industri, Perdagangan dan Koperasi (Indagkop) Kabupaten Ponorogo Vifson Suisno mengatakan, saat ini kebutuhan daging dalam negeri masih cukup tinggi, bahkan untuk memenuhi kekurangan tersebut pemerintah harus melakukan kebijakan dengan mengimportnya. Jadi adanya RPH modern ini, ujarnya, merupakan prestasi yang harus di banggakan.

Baca juga: Nganggur! Ratusan Buruh Jamu Akar Dewa Menangis di Halaman Pabrik dan Bertanam Dilahan Sempit, Poktan Berkah Tani Hasilkan Dua Ton Padi

“Kami berharap RJB bisa menjadi mitra kerja saling menguntungkan bagi masyarakat Ponorogo,” kata Vifson Suisno.

Sementara itu, Penasehat RJB Sartono Hutomo menangatakan, dengan dibangunya RPH ini kedepan diharapkan bisa menggairahkan bagi para peternak-peternak dan juga terjadi kerja sama dengan jagal-jagal yang sudah ada di Ponorogo.

“Untuk memenuhi suplai sapi, RJB akan mengedepankan pemberdayaan masyarakat sehingga keberadaan RPH ini benar-benar membawa manfaat bagi masyarakat Ponorogo,” janjinya. Lebih lanjut Sartono berharap dengan dibangunya RPH ini, perekonomian deerah dapat terdorong. Selain itu, model kemitraan dengan peternak yang diterapkan RJB mampu menjadi pilot project secara nasional.

Agus Cholik pendiri RPH mengungkapkan, bahwa yang menjadikan dasar bagi dirinya dalam mendirikan RPH ini adalah untuk mengurangi mata rantai yang panjang antara peternak RPH dan konsumen. Dengan memutus mata rantai itu, maka tingginya harga daging akan teratasi.

“Saya yakin ini bakal menjadi spirit energy baru bagi pengusaha peternak. Sebab bisa mendongkrak roda perekonomian masyarakat pedesaan, serta untuk memberikan kontribusi dan implikasi positif baik di level lokal maupun nasional dalam menghadapi harga daging yang cukup tingi saat ini,” terangnya.@arso

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 02 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/02/rph-modern-dibanguan-di-ponorogo.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment