Saturday, March 2, 2013

Panen Jambu Biji di Taman Wisata Mekarsari Yuk..!

LENSAINDONESIA.COM: Mulai tanggal 2 hingga 31 Maret 2013, Taman Wisata Mekarsari akan membuka Tur Jambu Biji untuk pengunjung regular.

Dengan harga tiket Rp 30.000 per orang. disana pengunjung dapat menikmati varian jambu biji dan bergai aktifitas menarik lainnya. Program ini berlaku setiap hari mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Baca juga: Taman Mekarsari Gelar Taman Buah-buahan Dunia di Bobo Fair 2012

Putri Ayu Pratami, Public Relations Manager Taman Wisata Mekarsari mengatakan, pengunjung yang telah memiliki tiket Tur Jambu Biji bisa menunggu kereta wisata di ruang tunggu Family Tour. Tur berdurasi 1 Jam ini akan memulai perjalanannya dari stasiun keberangkatan yang berada di sebelah barat Gedung Graha Krida Sari menuju area Family Garden, di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Disana peserta tur akan mendapatkan program Sekolah Buah yaitu belajar tentang budidaya tanaman Jambu Biji dan pengenalan manfaat serta sisi lain dari Jambu biji seperti praktek uji coba kadar vitamin C di Jambu Biji, praktek membuat arus listrik dari Jambu Biji, praktek menanam Tabulampot (Tanaman Buah Dalam Pot) 3 in 1 yaitu 1 pohon berbuah 3 jenis Jambu Biji,” jelas Putri kepada LICOM, Sabtu (2/3/2013).

Dari Family Garden, kata Putri, peserta tur melanjutkan perjalanan ke wahana kebun Jambu Biji Kristal. Peserta akan disambut oleh petugas kebun yang akan memberikan penjelasan tentang luas area kebun, cara budidaya Jambu Biji Kristal, cara pembungkusan buah, usia panen, dan lain sebagainya.

“Disini peserta tur akan merasakan sensasi Atraksi Petik Buah langsung dari pohonnya. Setiap peserta dipersilahkan memetik 2 buah Jambu Biji Kristal dan mendapatkan 1 gelas olahan jus segar Jambu Biji Merah Getas untuk dinikmati dalam perjalanan menuju kebun selanjutnya,” ungkap Putri.

Tur berlanjut ke kebun Bisbul (Diospyros philippensis) atau dikenal juga sebagai Velvet Apple (Inggris) atau Buah Mentega (Indonesia). Bisbul merupakan buah yang awalnya hidup liar di hutan-hutan primer dan sekunder daerah Filipina namun kini telah menyebar diberbagai negeri tropis, termasuk Indonesia. Buah bisbul berbentuk
bulat gepeng, berbulu halus seperti beludru. Termasuk keluarga eboni (suku Ebenaceae) dan berkerabat dengan Kesemek dan Kayu Hitam. Di kebun ini peserta tur bebas mencicipi buah bisbul.

Dari Kebun Bisbul, tur dilanjutkan menuju kebun koleksi aneka Jambu Biji yang terletak tidak jauh dari taman Lotus. Beberapa varietas yang bisa dilihat antara lain
Jambu Biji Brazil, Jambu Biji Sukun Kuning, Jambu Biji Susu, dan Jambu Biji Varigata.

Setelah puas melihat koleksi Jambu Biji yang ada, peserta tur melanjutkan perjalanan menuju areal danau sebagai lokasi terakhir dari Tur Jambu Biji.

“Peserta dipersilahkan turun untuk menikmati panorama keindahan danau seluas 27.5 hektar dengan banyak fasilitas permainan air yang disediakan,” katanya sembari
menambahkan pada bulan Januari 2013 lalu sukses dengan program panen Rambutan.@rudi

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 02 Mar, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/03/02/panen-jambu-biji-di-taman-wisata-mekarsari-yuk.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment