Tuesday, February 26, 2013

ITS Gandeng Google untuk Tingkatkan Layanan Internet Bagi Mahasiswa

LENSAINDONESIA.COM: Guna meningkatkan pelayanan internet bagi mahasiswa, Badan Teknologi dan Sistem Informasi (BTSI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melakukan kerjasama dengan perusahaan search engine dunia, Google. Sebagai langkah awal, Selasa (26/2/2013), BTSI ITS meresmikan migrasi e-mail resmi ITS dari webmail ke gmail.

Kepala Pusat Pelayanan Teknologi Informasi BTSI ITS, Arief Rahman ST MSc mengatakan, kerja sama ini dilakukan karena melihat kebutuhan mahasiswa ITS. Sebagai civitas akademika kampus teknik, aktivitas mahasiswa ITS tak pernah lepas dari jeratan Teknologi Informasi (TI). Namun, kebutuhan itu selama ini belum bisa terpenuhi dengan maksimal karena minimnya infrastruktur.

Baca juga: Prospek Belanja Online Terus Meningkat dan Rektor ITS Inginkan Para Dosen Studi Banding ke Luar Negeri

“Banyak mahasiswa yang sering komplain kepada kami tentang koneksi internet yang lelet, kurang stabil hingga jaringan internet putus. Guna menyelesaikan permasalahan, BTSI berani menjalin kerja sama dengan perusahaan search engine terkemuka dunia, Google,” terang Arief.

Untuk kerja sama perdana, BTSI memindahkan e-mail resmi ITS yang sebelumnya webmail menjadi gmail. Arief menjelaskan, pemindahan ini dilakukan untuk meningkatkan layanan terhadap pengguna e-mail resmi ITS. Dengan menggunakan gmail, kapasitas penyimpanan e-mail akan bertambah hingga 25 gigabyte.

Selain itu, tingkat keamanan gmail tinggi dan fitur yang ditawarkan lebih variatif. Yang lebih penting lagi, meskipun telah dipindah menjadi gmail, domain yang terdaftar tetap milik ITS. Sehingga, proses pengawasan dan pengelolaan e-mail sepenuhnya dilakukan oleh BTSI ITS. “Sebelum kami resmikan hari ini, kami sudah melakukan ujicoba di tiga jurusan dan hasilnya lancar tidak ada masalah,” jelas Arief.

Agar dapat segera dinikmati, Arief menyarankan kepada seluruh mahasiswa ITS untuk secepatnya memindah account webmail mereka ke gmail. Caranya, dengan log in ke webmail ITS terlebih dahulu. Kemudian klik link migrasi dan log in ke gmail.its.ac.id. “Tidak sampai sepuluh detik account kita sudah pindah,” ujar Arief.

Selain e-mail, dalam waktu dekat ITS juga akan mengadakan kerja sama dengan Google untuk masalah kalender. Kalender akademik ITS nantinya akan terintegrasi dengan Google kalender. Sehingga, secara otomatis Google akan mengingatkan jadwal akademik bagi mahasiswa yang menggunakan produk Google.

Bahkan, e-mail orang tua mahasiswa nantinya juga akan diintegrasikan dengan Google. Sehingga, proses pemberitahuan hasil studi mahasiswa selama satu semester tak lagi lewat surat. Melainkan lewat e-mail yang secara otomatis di kirim lewat Google.

Arief berharap, kerja sama ini dapat semakin menunjang sistem pendidikan yang ada di ITS. “Selain itu, terbentuknya cloud community juga menjadi salah satu tujuan utama yang tak kalah penting,” pungkasnya. @ian_len

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 26 Feb, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/02/26/its-gandeng-google-untuk-tingkatkan-layanan-internet-bagi-mahasiswa.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment