Monday, April 8, 2013

Margaret “Iron Lady” Thatcher meninggal dunia

LENSAINDONESIA.COM: Mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher meninggal dunia akibat stroke, Senin (08/04/2013).

Menurut juru bicaranya kepada CNN, Thatcher yang lahir pada 13 Oktober 1925 itu meninggal dunia dalam usia 87 tahun.

Baca juga: Astaga ! Foto Pesta Bugil Pangeran Harry Beredar di Internet dan Keluarga Kerajaan Deg-Degan, Taliban Tebar Ancaman ke Pangeran Harry

Thatcher menjadi perdana menteri Inggris pada 4 Mei 1979 hingga 28 November 1990. Dia adalah seorang politikus Britania Raya, Perdana Menteri Britania Raya dengan masa jabatan terlama sepanjang abad ke-20 (1979–1990), dan satu-satunya wanita yang pernah menduduki jabatan tersebut.

Seorang jurnalis Soviet menjulukinya “Wanita Besi” (Iron Lady), istilah yang kemudian dikait-kaitkan dengan politik dan gaya kepemimpinannya. Selaku Perdana Menteri, ia menerapkan kebijakan-kebijakan Konservatif yang kelak disebut sebagai Thatcherisme.

Mengawali karier sebagai kimiawan riset sebelum menjadi barrister, Thatcher terpilih menjadi Anggota Parlemen (MP) untuk wilayah Finchley pada tahun 1959. Edward Heath menunjuknya sebagai Menteri Negara untuk Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan pada tahun 1970.

Tahun 1975, Thatcher mengalahkan Heath pada pemilihan ketua Partai Konservatif dan menjadi Ketua Oposisi, sekaligus wanita pertama yang memimpin partai politik besar di Britania Raya. Ia menjadi Perdana Menteri setelah memenangkan pemilu 1979.@ridwan_licom/bp/cnn

 

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Mohammad Ridwan @lensaindonesia 08 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/08/margaret-iron-lady-thatcher-meninggal-dunia.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment