Wednesday, April 17, 2013

Walhi segera berubah jadi partai politik

LENSAINDONESIA.COM: Kerap mentok dalam proses advokasi hukum soal perusakan lingkungan, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) mendirikan partai politik.

“Namanya partai hijau, yang sudah kami deklarasikan Juni 2012 lalu,” tutur Oslan Purba, Manager Sekretariat Nasional Walhi pada LICOM disela acara Konsultasi Nasional Lingkungan Hidup Walhi di Hotel Tanjung Surabaya, Rabu (17/4/2013).

Baca juga: Ini Dia, Lima Parpol Jawara di Pemilu 2014 dan Indonesia Perlu UU Penanggulangan Perubahan Iklim

Dijelaskannya, dibentuknya partai politik baru yang mengusung konsep peduli lingkungan ini diharapkan bisa menjadi jembatan bagi aktivis lingkungan untuk membuat kebijakan pro lingkungan dan melakukan pembatasan-pembatasan terhadap upaya eksplorasi lingkungan.

“Partai Hijau adalah bentuk kekecewaan publik terhadap sistem dan perilaku politik dan inkonsistensi parpol saat ini. Partai ini juga menjadi jawaban atas krisis multidimensi yang terjadi saat ini dimana watak dan perilaku politik serta pola pembangunan yang ada telah menghancurkan dan merusak alam serta berpengaruh buruk terhadap tatanan sosial ekonomi masyarakat,” terangnya.

Oslan menyebut, meski hingga kini belum mempunyai satu pun dewan pimpinan wilayah (DPW) namun pihaknya menargetkan partai baru ini akan menjadi kontestan pemilu 2019 mendatang.

“DPW belum ada, namun yang pasti partai ini akan betul-betul berjuang melakukan upaya proteksi dan memperjuangkan keberlanjutan sumber daya alam dan lingkungan hidup di ranah kebijakan politik melalui pembuatan regulasi-regulasi yang bertujuan menyelamatkan ekologi di Indonesia. Baik di tingkat daerah maupun pusat,” tegasnya.@rakhman_k

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Khairul Fahmi @lensaindonesia 17 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/17/walhi-segera-berubah-jadi-partai-politik.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment