Tuesday, May 14, 2013

Titik blackspot pemicu kecelakaan di Pacitan

LENSAINDONESIA.COM: Jumlah kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Kabupaten Pacitan selama triwulan pertama tahun 2013 ini masih cukup tinggi. Selama kurun waktu itu, tercatat terjadi 58 kasus kecelakaan.

Kanitlaka Polres Pacitan Ipda Sugeng rusli mengatakan, kecelakaan paling kerap terjadi di titik-titik blackspot (daerah rawan).

Baca juga: Korban meninggal akibat laka lantas di Pacitan tinggi dan Tak kenal medan, Truk "Baliho" terguling di Pacitan

“Kebanyakan pengguna jalan kurang memperhatikan batas kecepatan maksimal 80 km. Selain itu, mereka juga kurang memahami cara beralih dari lajur kiri ke kanan,” tuturnya, Selasa, (14/05/2013).

Menurutnya, titik blackspot berada sepanjang dua kilometer di jalan Ahmad Yani, jalan Gatot Subroto, jalan panglima sudirman, jalur jalan lintas selatan (JLS) kilometer 2, dan jalan letjend suprapto. “Faktor-faktor tersebut sangat riskan bagi pemakai jalan,” ungkanya.

Di setiap titik blackspot setidaknya terjadi tiga laka lantas perbulan. Bahkan selama tiga bulan, ada dua kecelakaan lalu lintas yang berujung kematian. “Yang pertama
meninggal di titik blackspot Jalan Lintas Selatan dan kematian akibat tabrak lari di kilometer masuk desa Arjosari,” bebernya.

Sementara itu, tiga bulan menjelang lebaran, pihak polres telah melakukan penambahan rambu-rambu lalu lintas guna menekan tingginya angka kecelakaan. “Kita prioritaskan di titik-titik blackspot utamanya pada jalur menikung,” tambahnya.

Untuk penambahan rambu-rambu, lanjutnya, polres telah melakukan koordinasi dengan Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Propinsi dan Kabupaten, tim Mabes Polri, Kementrian Perhubungan, dan Jasa Raharja.@rachma

 

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 14 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/14/titik-blackspot-pemicu-kecelakaan-di-pacitan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment