Thursday, February 28, 2013

Kenaikan UMP dan TDL Menekan Inflasi

LENSAINDONESIA.COM: Bank Indonesia (BI) memperkirakan laju inflasi di Jawa Timur akan berada pada kisaran sasaran inflasi sebesar 4,5 persen kurang lebih 1 persen pertumbuhannya.

Deputi Kepala Perwakilan BI wilayah IV, Soekarwodojo, mengatakan peningkatan upah minimum provinsi (UMP) dan peningkatan tarif dasar listrik (TDL) diperkirakan dapat memberi tekanan pada tingkat inflasi ke depan. Namun, kondisi tersebut akan diimbangi oleh relatif stabilnya inflasi kelompok harga makanan, seiring dengan dimulainya masa panen di beberapa kota dan stabilnya harga beberapa komoditas penyumbang inflasi.

Baca juga: MPBI Akan Kembali Kerahkan 30 Ribu Massa Ke Jakarta dan Buruh Minta Jokowi Beri Sanksi pada Pabrik yang Tak Bayar UMP

“Pada awal tahun 2013, kondisi inflasi di Jatim masih terkendali di level 4,5 persen. Peningkatan inflasi di Jatim didorong gejolak kenaikan harga makanan (volatile food) sebagai akibat dari gangguan pasokan akibat curah hujan yang tinggi dan adanya peningkatan permintaan masyarakat,” ujar Soekowardojo, Kamis (28/2/2013).

Berdasarkan hasil pantauan BI, tingkat inflasi Jatim pada Februari 2013 diperkirakan berada pada kisaran 0,45 persen sampai 0,55 persen. Ia meminta ada koordinasi kebijakan antara pemerintah di tingkat pusat maupun daerah untuk menyikapi pertumbuhan inflasi ke depan.

Bank Indonesia, katanya terus berupaya memperkuat bauran kebijakan guna mengelola permintaan domestik. Baik melalui penetapan lima pilar kebijakan (secara nasional) maupun pelaksanaan kegiatan yang bersifat lokal oleh Kanwil BI Wilayah IV Jatim.

Yakni, melakukan pembinaan terhadap klaster komoditas penyumbang inflasi, MoU untuk sertifikasi tanah, melanjutkan program ketahanan pangan yang telah dimulai sejak tahun 2012, melaksanakan program Penciptaan Wirausaha Baru, optimalisasi peran TPID, penguatan fungsi advisory pemerintah melalui survey, riset dan penelitian, serta penguatan ekonomi daerah melalui program sosial BI.

“Disamping itu, koordinasi intensif antara Bank Indonesia dan Pemerintah melalui forum Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), terutama pada upaya peningkatan produksi, kelancaran distribusi, dan stabilisasi harga pangan strategis, perlu terus dilakukan,” tandasnya. @Panjichuby_666

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Rizal Hasan @lensaindonesia 28 Feb, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/02/28/kenaikan-ump-dan-tdl-menekan-inflasi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment