Tuesday, February 26, 2013

Peserta Latkes Koarmatim Tambah Pengetahuan RJP

LENSAINDONESIA.COM: Peserta Latihan Kesehatan (Latkes) tingkat 1 menambah pengetahuan Resusitasi Jantung dan Paru (RJP) dengan mengikuti materi pelajaran teori yang disampaikan oleh Mayor Laut (K) dr. I Nyoman, Sp.An, Kasi Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr. Ramelan Surabaya, Selasa (26/2). Pelajaran RJP, merupakan salah satu rangkaian kegiatan Latkes tingkat 1 yang digelar oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Koarmatim, diikuti 50 peserta Bintara Kesehatan (Bakes) dari Diskes Koarmatim, Bakes Kapal Perang di jajaran Koarmatim dan Satlinlamil Surabaya.

Menurut dr. Nyoman, RJP atau pijat jantung dalam bahasa asing disebut dengan istilah Cardiopulmonary Resucitation (CPR). Menurut istilah lama disebut juga Resusitasi Jantung Paru dan Otak (RJPO). Sesuai perkembangan ilmu kesehatan cara pertolongan pertama pada korban tidak sadar atau pingsan melalui teknik RJP mengalami beberapa perubahan.

Baca juga: Bintara Kowal Koarmatim Gelar Latihan Menembak dan Satkat Koarmatim Berlatih Hadapi Situasi Darurat Kebakaran

Teori yang disampaikan oleh dokter spesialis Anaestesi RSAL itu diantaranya menilai kondisi korban tidak sadar melalui tahapan memeriksa jalan nafas (air way control) membebaskan jalan nafas (breathing support) dan memeriksa denyut nadi (circulation support) atau (A-B-C). Menurut teori korban tidak sadar memilki ciri-ciri fisik seperti otot lemas, lidah jatuh, kehilangan reflek batuk dan spasme laryng. Pertolongan pada korban yang tidak sadar tersebut harus dilaksanakan secara cepat agar tidak terjadi kematian atau kecacatan.

Materi pelajaran senjutnya adalah korban nyaris tenggelam(near drowning) dan tenggelam (drowning), disampaikan oleh instruktur Mayor Laut (K) dr. Rady Dwipayana, Kepala Rumah Sakit (Karumkit) dr. Idris P. Siregar Diskes Koarmatim. Pelajaran yang disampaikan diantaranya adalah perbedaan korban tenggelam di air laut dan air tawar, serta cara tindakan awal menanganinya.

Dengan mengikuti pelajaran tersebut diharapkan peserta Latkes 1 dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan teknis medis RJP khususnya pada kasus-kasus kegawatdaruratan pada korban tenggelam.@Dispenarmatim

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Achmad Ali @lensaindonesia 26 Feb, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/02/26/peserta-latkes-koarmatim-tambah-pengetahuan-rjp.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment