Thursday, April 11, 2013

TePI: Bawaslu roadshow ke Parpol? No problem!

LENSAINDONESIA.COM: Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI) Jeirry Sumampow menilai, tidak ada masalah jika Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI melakukan ‘road show’ ke partai-partai politik peserta pemilu 2014. Roadshow diperbolehkan asal tindak yang dilakukan masih dalam kewenangan Bawaslu dalam proses pengawasan Pemilu.

“Itu yang mungkin memang penyelenggara Pemilu perlu melakukan itu. Justru kita tidak melihat di KPU, ini mungkin kelihatannya tidak baik ya,” ujar Jeirry kepada LICOM di Jakarta, Rabu (10/04/2013).

Baca juga: Marzuki Alie: Ide konvensi Partai Demokrat perlu didukung media dan Ketua DPR RI imbau ketiga penyelenggara pemilu akur

Menurut Jeirry, masalah selama ini yang terjadi adalah peserta Pemilu dan Penyelenggara Pemilu yakni, Bawaslu dan KPU (Komisi Pemilihan Umum) selalu berjauhan dan lebih bersifat formal. Alhasil, terobosan yang dilakukan oleh Bawaslu patut dipertahankan asalkan tidak melampaui kewenangan utamanya.

“Dia (Bawaslu) melakukan terobosan mungkin ya, untuk mencairkan relasi antara partai politik dan penyelenggara Pemilu. Dan mestinya menurut saya, KPU harus melakukan itu dan itu resmi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Jeirry menegaskan, terobosan yang dilakukan Bawaslu ini harus jauh dari pola-pola transaksi yang menguntungkan pihak-pihak berkepentingan mesti dihindari. Dalam kesempatan itu pula, Jeirry juga mengingatakan Bawaslu RI untuk tetap melakukan pengawasan yang lebih intensif sehingga pelaksanaan “pesta” demokrasi dapat berlangsung jujur dan adil.

“Nah hanya memang yang harus kita minta dari Bawaslu juga jangan seolah-olah ini ‘road show’ yang menjadi menonjol. Inikan bukan tugas pengawasan, ini tugas memperlancar proses-proses pengawasan tapi pengawasan itu sendiri bukan disitu,” tandas Jeirry.

Sebab, lanjut Jeirry, saat ini Bawaslu agak pasif. Jikalau publik bertanya kepada KPU soal daftar calon pemilih atau daftar pemilih semntara, ini sudah pemutahiran data pemilih. Soal data pemilih, KPU tidak bisa memberikan penjelasan apa-apa sampai sekarangkan.

“Tapi kan kegelisahan publik ini bukan hanya tugas KPU untuk menjawab tapi Bawaslu juga, kita harus tanya ke Bawaslu, apa yang kau (Bawaslu) pantau tentang daftar pemilh? Prosesnya seperti apa sekarang ini. Gitu loh, jadi ini harus muncul yang begini-begini,” tuturnya.

Dengan pro aktifnya Bawaslu di dalam mengawasi tahapan Pemilu, maka akan memberikan respon positif dari masyarakat bagi lembaga pimpinan Muhammad itu.

“Dan apakah dia (Bawaslu) melaksanakan tugas pengawasan itu dengan baik, itu akan diukur dari out put nya apa,” ketus Jeirry.

Untuk diketahui, jelang pendaftaran bakal calon anggota legislatif, Bawaslu RI telah melakukan ‘road show’ ke partai-partai peserta Pemilu 2014, bahkan pagi tadi lembaga pengawas itu juga mendatangi kantor DPP Partai Nasdem untuk melakukan sosialisasi pengawasan Pemilu. @yuanto

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andrian Pratama @lensaindonesia 10 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/10/tepi-bawaslu-roadshow-ke-parpol-no-problem.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment