Friday, May 10, 2013

Diembargo barat, Iran aliran minyak ke Asia lewat Batam

LENSAINDONESIA.COM: Embargo negera-negara barat tidak menyurutkan langkah Iran memasok produksi minyaknya keluar negeri. Negara yang dipimpin Mahmoud Ahmadinejad mengambil langkah jitu.

Ya, Iran ternyata memanfaatkan pelabuhan Indonesia sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan minyaknya kepada para pembeli Asia di bawah pengawasan ketat Western.

Baca juga: Resmi, Iran Stop Ekspor Minyak ke Seluruh Benua Eropa dan Musim Dingin Tiba, Iran Tutup Ekspor Migas untuk Barat

Menurut data pengiriman dan sumber daya industri, dua kapal pengangkut minyak sangat besar (VLCCs) yang mampu mengangkut 2 juta barel melewati perairan Batam April lalu.

Pulau Batam berjarak 20 km (12 mil) dari pantai Singapura merupakan jalur penghubung strategis perdagangan minyak dunia.

Para analis FGE, perusahaan konsultan energi mengatakan, Iran menggunakan jalur ini sebagai strategi untuk mengirim minyak mentah ke pulau-pulau di Asia via VLCCs dan menjualnya di sana. Ini jelas mengalirkan keuntungan besar.

Pengawasan ketat Amerika Serikat dan Eropa pun dilakukan bertujuan untuk mencegah peredaran senjata nuklir Teheran lewat pengiriman minyak mentah Iran.

“Mereka sudah menggunakan Labuan di Malaysia beberapa waktu terakhir dan tak ada yang bisa menghentikannya. Iran menggunakan Batam sebagai basis karena tidak ada sanksi hukum terkait,” ujar sumber industri pelayaran yang familiar dengan pergerakan tanker Iran seperti dilansir dari nst.com, Jumat (10/05/2013).

Pihak industri pelayaran juga mengatakan hal ini terlalu berisiko bagi para broker barat atau para pemilik kapal, tapi beginilah perdagangan. Tanker-tanker ini juga menuju China setelah melalui Batam.

Bulan April, pembeli minyak mentah terbesar adalah China disusul Korea Selatan, Jepang, India, Turki dan Taiwan menurut estimasi sumber daya industri.

Iran sendiri telah mengurangi ekspor minyaknya sekitar 1,1 juta barel dengan keuntungan US$ 3,3 miliar per bulan dengan harga terkini atau setengah dari angka awal tahun 2012 sebelum pengawasan ketat dilakukan.@ridwan_licom/L6

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 10 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/10/di-embargo-barat-iran-aliran-minyak-ke-asia-lewat-batam.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment