Friday, May 10, 2013

Inilah para kandidat pengganti Jenderal Pramono Edhie Wibowo

LENSAINDONESIA.COM: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera menentukan pengganti Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Pramono Edhie Wibowo yang pensiun sejak 5 Mei 2013 lalu.

Juru bicara kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengatakan, secepatnya pengganti Pramono akan segera dilantik. Meski begitu, Julian tak ingin menyebutkan kapan pastinya Presiden SBY menetapkan pimpinan baru di Angkatan Darat itu.

Baca juga: Polisi indikasikan oknum TNI terlibat, KSAD: Akan saya tuntaskan! dan KSAD: Jangankan Komnas HAM, DPR saja harus beritahu Panglima!

“Dalam waktu yang tidak terlalu lama. Masih ada waktu sampai akhir bulan ini. Saya tidak bisa menyebutkan siapa,” kaya Julian juga tak ingin menyebutkan nama calon paling kuat sebagai pengganti adik ipar SBY di kursi KSAD itu, Kamis (09/05/2013) kemarin.

Sebelumnya, Jenderal Pramono menyatakan ada sekitar tujuh perwira aktif berpangkat bintang tiga yang memenuhi syarat menjadi calon penggantinya dan sudah diajukan ke SBY. “Semua sama. Tidak ada yang diunggulkan,” kata Pramono, di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, beberapa saat lalu.

Adapun Pramono sudah pensiun sejak 5 Mei 2013, lalu. Ia sebenarnya sudah mengajukan surat pemberitahuan pensiun sejak pertengahan Maret 2013. Akibat belum ditentukan penggantinya, sesuai dengan peraturan,
Pramono masih dapat bertugas hingga tanggal terakhir pada bulan kelahirannya yaitu 31 Mei 2013.

Salahsatu dari jenderal bintang tiga di TNI AD yang berpeluang menjadi pengganti Pramono adalah Letnan Jenderal Moeldoko yang menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat. Moeldoko juga peraih Adhi Makayasa di Akademi Militer 1981.

Ada juga Letnan Jenderal M Munir yang saat ini menjabat Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat. Lulusan akademi militer 1983 ini terkenal karena mampu meraih tiga bintang dalam kurun waktu dua tahun. Munir juga sempat menjadi ajudan Presiden Yudhoyono.

Selain itu, Letnan Jenderal Budiman yang saat ini menjadi Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan juga berpeluang. Lulusan akademi militer 1978 ini pernah menjadi Panglima Daerah Militer IV Diponegoro dan Wakil KSAD.

Ada juga Letnan Jenderal Waris yang saat ini menjabat Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional. Mantan Panglima Daerah Militer Jakarta Raya dan Komandan Pasukan Pengaman Presiden ini juga dinilai berpeluang besar karena baru pensiun pada Desember 2015.

Letnan Jenderal Gatot Nurmantyo yang menjabat Komandan Kodiklat TNI jangan dilupakan. Lulusan akademi militer 1982 ini pernah menjabat sebagai Gubernur Akmil dan Panglima Daerah Militer V Brawijaya.

Calon lainnya adalah Letnan Jenderal Gerhaan Lantara yang terkenal karena perannya dalam insiden Santa Cruz di Timur Timor 1991 dan penanganan bencana Tsunami Aceh.@ridwan_lensa/tc

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 10 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/10/inilah-para-kandidat-pengganti-jenderal-pramono-edhie-wibowo.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment