Thursday, May 9, 2013

Parpol yang tak siap hadap Pemilu, harus mundur, Bro!

LENSAINDONESIA.COM: Lagi, Koordinator Sinergi Masyarakat (SIGMA) Said Salahudin mengritisi buruknya administrasi proses pemberkasan bakal calon legislatif, yang didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Menurutnya, pemberkasan buruk merupakan kesalahan mendasar dari partai politik peserta Pemilu 2014.

“Persoalan (kesalahan) mendasar ada di partai politik. Bukan pada Caleg, karena pengelolaan administrasi  oleh partai politik. Caleg merupakan bagian dari pengelolaan Parpol,” ujar Said saat dihubungi LICOM di Jakarta, Kamis (09/05/2013).

Baca juga: Masyarakat diajak hadang Caleg DPR bermasalah dan SIGMA imbau masyarakat, jangan pilih Caleg tidak kualitas

Menurut Said, partai politik seharusnya melakukan manajemen dan tata kelola administrasi setiap hari dalam menjalankan roda organisasi. Masalahnya, Parpol merupakan salah satu pilar demokrasi yang menentukan langsung arah bangsa Indonesia.

“Seharusnya Parpol mempersiapkan pola menejemen dan tata kelola administrasi setiap dalam menjalankan roda organisasi politik. Karena partai sebagai komponen representatif yang akan duduk di parlemen,” terangnya.

Said menilai, buruknya pengelolaan administrasi ini menandakan partai hanya hidup menjelang Pemilu. “Saya sarankan jika Parpol tidak siap mengelola administrasi dengan baik, sebaiknya mundur saja. Karena proses administrasi merupakan syarat pertama yang harus tuntas,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Said, hal ini, akan berkaitan langsung bagi kualitas para Caleg yang nantinya duduk di kursi DPR dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai mitra eksekutif (pelaksana kebijakan).

“Bagaimana menjadi anggota DPR yang berkualitas jika tidak bisa mengelola itu.  Sebab, mereka akan menjadi mitra eksekutif di komisinya masing masing,” pungkasnya.

Diketahui, partai politik yang mendaftarkan bakal calon legislatif sementara dalam Daftar Caleg Sementara (DCS) ke KPU hampir mayoritas belum memenuhi persyaratan administrasi. Meskipun begitu, KPU memberikan masa waktu perbaikan administrasi kepada parpol dalam tahapan tersebut. @yuanto

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andrian Pratama @lensaindonesia 09 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/09/parpol-yang-tak-siap-hadap-pemilu-harus-mundur-bro.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment