Tuesday, February 26, 2013

Parpol Sepakat Pileg 2014 di Surabaya Jadi 6 Dapil

LENSAINDONESIA.COM: Calon Legislatif (Caleg) partai politik yang akan bertarung pada Pemilihan Legislatif  (Pileg) 2014 nampaknya harus bekerja lebih keras. Pasalnya, peta daerah pemilihan (Dapil) di wilayah Surabaya nantinya diprediksi bertambah dari lima menjadi enam.

Kemungkinan ini setelah dalam pertemuan uji publik usulan perubahan Dapil antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya dan Parpol mayoritas mengusulkan enam dapil.

Baca juga: KPU Surabaya Tuding Panwaslu Tak Paham Pemilu dan Sembilan Parpol Tak Lolos Verifikasi KPU Surabaya

Komisioner KPU Surabaya Erward Dewaruci mengatakan hampir semua peserta pemilu 2014 sepakat menerima usulan enam dapil. “Sebagian besar setuju untuk penambahan Dapil, karena dirasa lebih adil dan menguatkan keterwakilan masyarakat oleh legislatif. Untuk itu kita akan mengusulkan ke pusat hasil pertemuan kali ini,” terang Edward Dewaruci, Selasa (26/2).

Pada kesempatan itu Edward merasa yakin KPU Pusat bakal menyetujui usulan penambahan Dapil ini mengingat sudah disepakati sebagian besar partai peserta Pemilu 2014. Selain itu, pada dasarnya menurut UU Pelaksanaan Pemilu, penambahan Dapil merupakan kewenangan KPU Daerah, hanya saja dengan persetujuan KPU Pusat. “Pada dasarnya masalah jumlah Dapil adalah kewenangan KPU pada tingkatan masing-masing. Memang persetujuannya adalah KPU Pusat,” terang komisioner KPU Surabaya yang juga seorang advokat ini.

Menurut rencana, perubahan dapil tersebut tidak hanya menambah tetapi terjadi perubahan wilayah yang tentunya akan berpengaruh pada kantung suara konstituen yang selama ini dimiliki caleg. @iwan_christiono

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 26 Feb, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/02/26/parpol-sepakat-pileg-2014-di-surabaya-jadi-6-dapil.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment