Thursday, February 28, 2013

Pertamina Bakal Naikkan Harga LPG 12 Kg Bakal Naik

LENSAINDONESIA.COM: PT Pertamina (Persero) tbk bakal menaikkan harga LPG ukuran 12 kg dalam waktu dekat ini. Rencana kenaikan itu lantaran, harga jual LPG oleh Pertamina sebesar Rp 5.850/kg cukup mengurangi potensi keuntungan perusahaan. Sementara harga dasar ekonomi LPG saat ini sekitar Rp 9.000/kg.

“Kami juga masih menunggu dari pusat, tanggal dan berapa kenaikannya mas,” ujar Asisten Customer Relation PT Pertamina Region V, Rustam Aji kepada LICOM, Kamis (28/2/2013).

Baca juga: Harga LPG 3 Kg Naik di Jawa Tengah dan PT Pertamina Sumbang TBM Turi Indah Tugu Utara

Berkurangnya potensi keuntungan dari penjualan tersebut disinyalir menimbulkan kompetisi yang kurang sehat, lantaran perusahaan lain enggan menjual produk di bawah harga dasar. Di satu sisi, Pertamina sebagai perusahaan yang berstatus BUMN, diminta pemerintah mencari keuntungan, untuk disetorkan ke negara dalam bentuk deviden.

Dari data yang dihimpun PT Pertamina, tahun 2012 lalu potensi keuntungan Pertamina yang hilang akibat penjualan dibawah harga dasar keekonomian sekitar Rp 5 triliun secara nasional.

Rustam menyebutkan, kenaikan harga LPG dipicu kecenderungan harga minyak dan gas naik tiap tahunnya. Sedangkan harga terakhir LPG 12 kg, disesuaikan 3 tahun lalu. ”Jadi Pertamina bukan memonopoli bisnis LPG 12 kg, tapi karena perusahaan lain gak ada yang mau menjual produk di bawah harga dasar,” tandasnya.

Kenaikan harga LPG juga, cukup menimbulkan berbagai pertanyaan. Sebab sebagai perusahaan yang berstatus PT, produk LPG 12 kg adalah bisnis murni PT Pertamina yang idealnya tidak memerlukan izin atau campur tangan pemerintah.

Seperti penyesuaian harga Pertamax yang selalu berubah harga ekonominya karena mengikuti harga minyak dunia. ”Tapi karena Pertamina peduli dengan dampak sosial yang mungkin saja bermunculan, jadi kami harus menyampaikan dulu ke pemerintah terkait kebijakan harga yang akan dijual ke masyarakat,” pungkasnya. @Panjichuby_666

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 28 Feb, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/02/28/pertamina-bakal-naikkan-harga-lpg-12-kg-bakal-naik.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment