Monday, February 25, 2013

Wabah Demam Berdarah Mulai Telan Korban Jiwa di Jawa Tengah

LENSAINDONESIA.COM: Wabah Demam berdarah tak hanya menghantui di wilayah Kota Semarang saja. Di Jawa Tengah, sejumlah Kabupaten/Kota juga marak kasus serupa yang mengakibatkan korban jiwa.

Di Kabupaten Demak, jumlah penderita penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti ini pada Januari Februari 2013, tercatat mencapai 106 orang, dengan 3 orang meninggal dunia. Catatan ini dianggap cukup tinggi dan bisa dikatakan Kejadian Luar Biasa.

Baca juga: Penyakit Demam Berdarah Hantui Warga Bojonegoro dan Awas! Jakarta Selatan Terancam Nyamuk Demam Berdarah

“Dalam waktu 2 bulan, sudah ada korban meninggal dunia. Kasus ini cukup menjadi perhatian publik dan butuh penanganan serius. Kasus ini bisa bertambah lantaran pergantian iklim yang memungkinkan nyamuk berkembang terutama daerah endemis DB,” terang Sukarjo, Kepala Bidang Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, Senin (25/2/2013).

Sementara dari catatan Dinkes Demak, tahun 2012, wabah penyakit DB berjumlah 483 orang dengan korban 3 orang meninggal. Dan di tahun 2011, terhitung 219 kasus dengan 3 orang meninggal pula

Menurutnya, lonjakan ditahun 2013 ini, terjadi di pada minggu pertama bulan Januari dengan jumlah 50 penderita dan 1 korban meninggal. “Untuk menekan angka kasus DB, pemerintah Kabupaten Demak melalui pihak Dinkes melakukan sosialisasi rutin dengan menggalakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara serentak dan kontinyu,” tambahnya.

Sementara itu, di Kabupaten Semarang, tercatat hingga Februari 2013 ini tercatat 17 Kasus DB dengan 10 korban meninggal dunia. Guna antisipasi dini dan tidak bertambah menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB), Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang, saat ini terus menggalakkan PSN serta sosialisasi pentingnya menjaga kebersihan lingkungan warga.

“Jangan sampai terjadi KLB di tahun ini, dan segera antisipasi dini dengan melibatkan semua komponen masyarakat untuk memberantas nyamuk aides aygepty yang datangnya tidak mengenal siklus tahunan,” terang Gunadi, Kabid Pemberantasan Penyakit dan kjesehatan Lingkungan Dinkes Kabupaten Semarang baru-baru ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, data Dinas Kesehatan Kota Semarang, kurun Januari-Februari 2013, ada 411 Kasus demam berdarah dengan 2 orang meninggal dunia. Kasus tersebut tergolong tinggi, dan bisa merupakan Kejadian Luar Biasa di awal tahun ini. @nur

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Mohammad Ridwan @lensaindonesia 25 Feb, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/02/25/wabah-demam-berdarah-mulai-telan-korban-jiwa-di-jawa-tengah.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment