Monday, April 8, 2013

Dirlantas Polda Metro batalkan ‘contra flow’, hindari umpatan ‘Ragunan’

LENSAINDONESIA.COM: Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya menghentikan ujicoba sistem satu arah atau contra flow Cawang menuju Rawamangun. Pasalnya, Dirlantas Polda Metro Jaya perlu mengevaluasi dan mengkaji ulang kebijakan ini. Sehingga tidak memperparah keadaan.

“Perkembangan terakhir, dari hasil rapat evaluasi antara Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya, Jasa Marga, dan CMNP, bahwa diputuskan ujicoba contra flow Cawang – Rawamangun sementara dihentikan,” ujar Wakil Direktorat Lalu Linttas Polda Metro Jaya, AKBP Sambodo Purnomo, Senin (8/4/2013).

Baca juga: Resmob Polda Metro Jaya tangkap lagi perusak kantor Tempo dan Ibas Yudhoyono diperiksa di Mapolda Metro Jaya

Menurut Sambodo, dihentikannya ujicoba tersebut karena ada beberapa faktor. Salah satunya, masalah padatnya jalur dari Tanjung Priok menuju Cawang. Alhasil, jalan tidak bisa menampung jumlah kendaraan.

“Nantinya, jika terjadi kecelakaan, maka evakuasi tidak bisa cepat karena tidak ada bahu jalan. Alhasil, antrian macet bisa jadi cukup panjang,” ucapnya.

Lebih lanjut Sambodo, jalan Cawang-Rawamangun banyak dilalui truk bermuatan berat. Di sisi lain, lebar jalan Cawang-Grogol 12,7 meter dan Cawang Rawamangun 10,75 meter. Lebar jalur ini tidak mungkin menampung seluruh kendaraan apabila menggunakan sistem contra flow.

“Bukan hanya itu, masyarakat yang dari Tanjung Priok arah Cawang terhambat. Sebentar saja sudah main lempar-lempar petugas dengan kata-kata kurang baik. Bahkan,  ’Ragunan’ pun dikeluarkan,” tukas Sambodo.

Sedangkan ujicoba kedua yang dilaksanakan Senin (8/4) tadi sempat dilakukan sejak pukul 06.00 WIB. Sayangnya, uji coba terpaksa dihentikan pukul 08.00 WIB, kemudian dinormalkan kembali karena sifatnya situsional.

“Rencananya sampai pukul 10.00 WIB, tetapi  bukan berarti gagal,” terangnya.@hermawan

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andrian Pratama @lensaindonesia 08 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/08/dirlantas-polda-metro-batalkan-contra-flow-hindari-umpatan-ragunan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment