Monday, April 8, 2013

Komisi X DPR ‘jengkel’, proyek Perpustakaan Nasional terhambat Kemendikbud

LENSAINDONESIA.COM: Komisi X DPR RI ‘jengkel’ menghadapi rencana pembangunan Perpustakaan Nasional 24 lantai berubah 10 lantai di Jalan Merdeka Selatan No 11 Jakarta Pusat, masih saja terus terganjal.

Pasalnya, kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI tak tanggap dan belum menyelesaikan Peraturan Pemerintah untuk memuluskan program pembangunan perpustakaan.

Baca juga: Koleksi 10 Ribu Buku, Perpustakaan Jakpus Motivasi Masyarakat Gemar Baca dan Konferensi Perpustakaan Segera Digelar di Surabaya

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPR dengan Kepala Perpustakaan dipimpin langsung Ketua Komisi X DPR RI, Agus Hermanto, Senin (08/04/13) di Gedung DPR RI, menghasilkan beberapa rekomendasi. Di antaranya, segera mendatangkan tiga Kementerian terkait menyelesaikan rencana pembangunan perpustakaan tersebut.

Agus Hermanto mengatakan, akan mengundang ketiga menteri itu agar pembangunan gedung perpustakaan nasional jadi sinergis. Komisi X akan memanggil Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Keuangan dan Kementerian PPN/Bappenas untuk membahas ini.

“Untuk meminta penjelasan terkait dengan rencana kontrak tahun jamak dan pemblokiran anggaran pembangunan fasilitas layanan perpustakaan nasional,” ujar Agus Hermanto.

Menurut Agus, rencana pembangunan gedung Perpustakaan Nasional seluas 50.445 m persegi, dengan dua puluh empat lantai. “Kebetulan ada tanah di sana, cukup luas. Bisa diperuntukan membangun gedung perpustakaan.”

Lebih lanjut, kata Agus, dari RDP yang diajukan rencanan membangun 24 lantai. Namun, kementerian keuangan melalui Kepres No 37/2013 yang disetujuhi hanya 10 lantai. ”Maka dari itu kita undang tiga kementerian tersebut,” tambahnya dengan nada tinggi.

Agus menegaskan, pihak Perpustakaan nasional sudah mengajukan dan menyelesaiakan perizinan. Problem di lapangan selama kunjungan kerja, soal pengadaan buku baca. “Pengadaan buku baca kalau April memang belum selesai. Karena ini lelang dan panjang, bisa kemungkinan Juli selesai.”

Keinginan komisi X, lanjut Agus, dalam membangun perpustakaan ini lebih didasarkan membangun peradaban bangsa. “Keinginan besar dari komisi X membangun perpustakaan ini sebagai simbol membangun peradaban bangsa,” pungkasnya. @yuanto

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andrian Pratama @lensaindonesia 08 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/08/komisi-x-dpr-jengkel-proyek-gedung-perpustakaan-nasional-terhambat-kemendikbud.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    ReplyDelete