Thursday, April 11, 2013

Rusia ingatkan Wiki, jangan promosikan rokok ganja

LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Rusia mengancam Wikipedia agar segera menghapus konten merokok ganja dalam ensiklopedia kondang tersebut. Situs berita Rusia, Izvestia melansir, Kamis (11/4/2013), jika wikipedia masih bandel, maka pemerintah Rusia akan menutup halaman situs tersebut alias memberlakukan offline seluruh konten website di wilayah Rusia.

Lembaga pengawas komunikasi Rusia, Roscomnadzor, kepada sejumlah media Rusia menyebutkan bahwa mereka sudah memberlakukan kebijakan ‘internet blacklist’, berisi register terpadu website dengan konten yang dilarang. Panduan itu diluncurkan pada bulan November tahun lalu, setelah penandatanganan undang-undang tentang perlindungan anak-anak dari konten yang berbahaya, meliputi pornografi anak, instruksi bunuh diri dan mempromosikan obat-obatan.

Baca juga: Amerika Terlibat Cyber dengan Iran, Rusia dan Cina dan Amerika Serikat Salahkan Hamas, Rusia Tuding Israel

Juru bicara Roscomnadzor Vladimir Pikov, mengungkapkan pihaknya telah melakukan tindakan lebih cepat pada Wikipedia. Sejak tahun lalu, setidaknya sudah 10 halaman wikipedia telah diblacklist Rusia. Penolakan wikipedia, dengan alasan apapun, untuk terus tak patuh, bisa berarti pemblokiran seluruh konten situs itu di Rusia. Namun, Pikov menegaskan bahwa langkah mereka semata-mata demi kepentingan semua orang. Untuk konten-konten lainnya, ensiklopedia online tersebut tetap terbuka.

Ditambahkannya, pemerintah Rusia berkewajiban melindungi warganya dari konten-konten internet yang bersifat destruktif. ”Kami mempunyai kebijakan itu sudah lama, kami melakukan pendaftaran alamat IP, dan kami tidak melarang orang menggunakan internet, namun gunakanlah secara bijak, jangan menyebarkan kerusakan, apalagi memprovokasi,” tutur Pikov.

Saat disinggung ihwal rencana penutupan Wikipedia secara keseluruhan, Pikov menampiknya. ”Masih terlalu jauh untuk melakukan hal itu, kami masih mencermati isi konten-konten saja,” tandas dia. (ros)

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Rizal Hasan @lensaindonesia 11 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/11/rusia-ingatkan-wiki-jangan-promosikan-rokok-ganja.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment