Monday, April 8, 2013

Ada 20 jenis soal UN, Diknas DKI jamin tak ada kebocoran

LENSAINDONESIA.COM: Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan membuat 20 jenis soal berbeda untuk Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan pada 15-17 April 2013 mendatang. Hal itu dilakukan agar meminimalisir kebocoran soal itu.

“pada tahun lalu, dari 20 peserta ujian itu ada 5 jenis soal. Untuk tahun ini ada 20 jenis soal, sehingga bagi peserta didik beda dan lebih terukur lagi kerahasiaannya dan terjaga,” ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, di Jakarta Senin (08/04/2013).

Baca juga: UNPK Serentak Digelar Mulai Hari Ini dan Unas Murni Tentukan Nasib Siswa

Taufik menambahkan, tingkat kesulitan 20 jenis soal UN tetap sama sehingga untuk siswa tidak perlu khawatir dengan variatifnya soal ini

“Jadi untuk soal UN ,Panitia sudah mengukur tingkat kesulitan sehingga ini sudah dipahami oleh peserta didik akhirnya kembali pada kemampuan diri sendiri,” tegasnya.

Menurut Taufik, pada awal tahun pelajaran, Juni tahun lalu sudah diinformasikan dan tidak mendadak.

Taufik mengimbau agar peserta didik tidak percaya dan terbujuk untuk membeli bocoran soal. Dia menjamin soal UN tidak akan bocor ke pihak ketiga apalagi dengan sistem pencetakan dan jenis soal yang jauh berbeda dari tahun lalu.

“Setiap jenis soal akan ada barcode sebagai tanda keaslian dan keabsahan soal tersebut. Sehingga, tidak mudah dipalsukan atau digandakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujar dia.

Seluruh soal UN dicetak secara nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bukan masing-masing provinsi. Setelah itu soal ujian akan diterima oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta yakni pada 14 April mendatang.

“Untuk soal-soal ujian akan diterima di 5 tempat dan bekerjasama dengan peguruan tinggi, untuk berita acara, baru disampaikan kepada rayon penyelenggara untuk disimpan. Ada 28 rayon yang akan dijaga oleh aparat untuk menjaga kerahasiaan karena ini dokumen negara,” jelasnya.

Untuk tahun ini, tercatat sebanyak 128.346 siswa SMA dan SMK yang akan mengikuti UN. Terdiri dari 63.206 siswa SMA dan 65.140 siswa SMK di seluruh wilayah DKI Jakarta. UN serentak digelar diseluruh Indonesia bagi siswa SMA dan SMK pada 15-17 April mendatang.

Sepeti diketahui,sebelumnya. Diketahui pada 2012 tingkat kelulusan mencapai 99,95 persen.@aguslensa

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Rizal Hasan @lensaindonesia 08 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/08/ada-20-jenis-soal-un-diknas-dki-jamin-tak-ada-kebocoran.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment