Monday, April 8, 2013

JAQ Swimming gelar liga renang antar pelajar & mahasiswa

LENSAINDONESIA.COM: Jakarta Quatics Antasena (JAQ) Swimming menyelenggarakan pertama kalinya Liga akuatik antar sekolah dan universitas atau League of Inter School and Collegiate Aquatic (LISCA) di Indonesia pada 7 April 2013 di Universitas Pelita Harapan Olympic Pool.

Ini adalah liga air pertama bagi atlet pelajar/mahasiswa di Indonesia. JAQ Swimming sendiri didirikan oleh mantan atlet dan profesional pada tahun 2004.

Baca juga: Operasi lutut Triyatno berjalan lancar dan Wartawan KONI Pusat Juarai Turnamen Futsal HUT Jasa Marga

Menurut, Bsc Executive Head Coach & Chairman of JAQ Swimming, Wisnu Wardhana, JAQ Swimming menginisiasi liga akuatik atlet pelajar/mahasiswa untuk mendorong siswa dan perenang agar tetap bersekolah untuk meraih nilai akademik yang baik sejalan dengan karir olahraganya demi mencapai tujuan profesional mereka nantinya.

“Pendiri JAQ Swimming percaya bahwa pendidikan yang baik merupakan fondasi penting untuk masa depan perenang. Performa fisik memiliki keterbatasan tetapi intelektual dan keterampilan akan terus berkelanjutan seumur hidup,” ujar Wisnu pada LICOM, Senin (08/04/13).

“Sebelum LISCA, JAQ Swimming telah memilik program regular liga sekolah (JAQ School League Invitational) untuk siswa sekolah dasar agar dapat menumbuhkan semangat berprestasi dalam olah raga, kegiatan ini juga dilakukan setiap kuartal sepanjang tahun,” sambungnya.

Wisnu mengatakan, kegiatan ini merupakan pembelajaran dari kesuksesan National Collegiate Athletic Association (NCAA), liga mahasiswa untuk mendorong kampanye atlet pelajar di Amerika.

“Kami ingin mengajak para atlet muda Indonesia untuk mengejar mimpinya menjadi atlet profesional dengan tetap memiliki prestasi akademik yang juga cemerlang di sekolahnya. Sehingga saat karir di bidang olahraganya telah berakhir, mereka bisa tetap sukses di bidang lainnya,” kata Wisnu.

Wisnu berharap nantinya LISCA dapat menjadi sebuah institusi olahraga dan pendidikan, yang para alumninya berkontribusi langsung membantu para generasi penerusnya.

“Rencana ke depannya, kami akan membuat perkumpulan alumni para atlet LISCA, jadi saat mereka telah berhasil mencetak prestasi dan sukses juga di karir lainnya, mereka akan membantu kami untuk mempromosikan pentingnya prestasi olahraga sejalan dengan prestasi akademik untuk masa depan yang cemerlang,” tutup Wisnu.

Sementara itu, Director of Universitas Pelita Harapan Sport Department; dan Olave Piere Davy, Club Management Manager HeLP Division Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), Stephen Metcalfe, ME mengatakan, Pada tahun 2012, JAQ Swimming berbagi misi dan visinya dengan pihaknya.

“Ternyata kami memiliki misi yang sama untuk membuat publik Indonesia sadar akan pentingnya tetap bersekolah sambil mengembangkan bakat. Kami sepakat untuk bersama-sama memperkenalkan liga renang di antara sekolah dan universitas, kami memutuskan untuk memulai liga akuatik ini pada 2013,” jelas Stephen.

Dalam seri 1 LISCA musim 2013 yang diadakan pada 6-7 April, diikuti oleh 12 perguruan tinggi negeri dan swasta serta 8 sekolah menengah atas, peserta yang ikut akan menjadi wakil sekolahnya dan setiap peserta yang ikut telah lolos seleksi nilai akademik minimum di sekolah masing-masing.

Tahun ini, LISCA fokus pada olah raga renang (Swim Meet) dan eksibisi Polo Air, baru pada tahun depan LISCA berencana untuk memasukkan Polo Air dan Fin Swimming. Sementara, Hadiah dari kegiatan ini akan diberikan dalam bentuk pelatihan, beasiswa dan magang di tempat mitra kerja.

JAQ Swimming juga mengajak kerjasama kepada berbagai pihak untuk mendukung kegiatan ini melalui pemberian bantuan dana pendidikan untuk para atlet muda ini, saat ini JAQ Swimming telah memiliki Student Athlete Force (SAF) yang dananya diperoleh dari para mitranya.@anggi

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 08 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/08/jaq-swimming-gelar-liga-renang-antar-pelajar-mahasiswa.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment