Tuesday, April 9, 2013

Lama sepi, Rumah Pitung di Marunda jadi ramai. Kenapa ya?

LENSAINDONESIA.COM: Ada sesuatu yang berbeda di Rumah Si Pitung, kawasan Marunda, Jakarta Utara beberapa hari ini. Pasalnya, rumah yang sepi itu tiba-tiba ramai berpenghuni. Loh?

Usut punya usut, ternyata ramainya penghuni rumah jagoan Betawi ini karena adanya ajang pentas seni dan budaya Betawi. Pentas ini merupakan acara seni budaya yang diadakan oleh BLK Jakut.

Baca juga: Walikota Jakut Segera Benahi Jalan Menuju Rumah Si Pitung

"Pertunjukan kesenian budaya Betawi di rumah Si Pitung ini hanya ingin memberikan kepercayaan kepada anak didiknya yang selama ini hanya latihan di Gelanggang Remaja Jakarta Utara (GRJU) sehinggga anak didik ini dapat mengembangkan bakat seni khususnya budaya Betawi," ujar Kepala Balai Latihan Kesenian (BLK) Jakut, Agus, Senin (8/4).

Agus menambahkan, pertunjukan kesenian ini juga didukung dengan kelompok musik Gambang Kromong. Selain itu, acara ini juga memameran hasil dari kerajinan membatik dari beragam kalangan. Tidak lupa juga ada lomba mewarnai rumah si Pitung oleh anak-anak Paud.

"Mengapa semua acara ini kita adakan di rumah Si Pitung? Karena Rumah Si Pitung termasuk salah satu rumah yang bersejarah dan masuk salah satu Jalur Destinasi dari 12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir  yang berada
di wilayah Jakarta Utara," terang Agus.

Pementasan seni budaya Betawi ini sendiri banyak menarik perhatian para pengunjung yang biasanya hanya bermain di pantai publik yang berada dekat dengan rumah si Pitung.  Agus menjelaskan, bagi para pengunjung yang ingin belajar seni budaya Betawi, kerajinan membatik, dan lain-lain, dapat ikut belajar di BLK di GRJU dengan gratis. Selain itu, dalam waktu dekat ini, pihaknya juga akan membuka pelatihan membatik di rumah Pitung setiap hari sabtu dan minggu.@Noviar

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andrian Pratama @lensaindonesia 09 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/09/lama-sepi-rumah-pitung-di-marunda-jadi-ramai-kenapa-ya.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment