Monday, April 22, 2013

Mantan Pangdam Jaya jalani sidang militer perdana

LENSAINDONESIA.COM: Diduga terlibat dalam pengalihan tanah milik Komando Daerah Militer (Kodam) V Brawijaya untuk proyek tol Waru- Tanjung Perak, Surabaya, delapan tahun lalu, mantan Pangdam Jaya dan Brawijaya, Letjen TNI Purn Djaja Suparman, Senin (22/4/2013), menjalani sidang militer perdananya di Pengadilan Militer Tinggi III Sidoarjo.

Dalam sidang yang dipimpin majelis hakim Letjen TNI Hidayat Manao SH, Laksdya TNI Sinoeng Harjantian SH, MH, dan Marsdya Bambang Aribowo, SH ini mengagendakan pembacaan dakwaan.

Baca juga: Perbakin Jatim Gelar Lomba Tembak Kemitraan dan Lewat Seleksi Ketat, Ratusan Catam TNI-AD Lulus Pantukhir

Oditur Militer Letjen TNI Sumartono dalam pembacaan berkas dakwaan terhadap Djaja Suparman menyebut terdakwa yang pensiun sebagai TNI AD pada 2006 ini didakwa melakukan proses ruislag kepada PT Citra Marga Nusapala Persada (CMNP) dengan dugaan kerugian negara sebesar Rp 13,644 miliar.

Kronologi kasus ini bermula dari temuan audit BPK RI yang kemudian ditindak lanjuti dengan proses pemeriksaan, setelah mendapat perintah dari KSAD. Kasus itu terjadi pada 1998 lalu, saat dia menjabat Pangdam V Brawijaya. Adanya ruislag itu dilakukan Kodam berupa tanah yang sekarang dibuat jalan tol Perak-Waru. Hal itu diduga tanpa seizin KSAD dan pembeli tanah sekaligus yang membangun jalan tol, yakni PT CMNP.

Dengan dakwaan itu, terdakwa dijerat dakwaan primer yakni pasal 1 ayat 1 huruf a jo pasal 28 tentang UU No 13/1971 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi serta dakwaan subsidair yakni pasal 1 ayat 1 huruf b jo pasal 28 tentang UU No 13/1971.

Menariknya dalam sidang ini, Hakim sempat menegur terdakwa karena terdakwa masih mengenakan pakaian dinas ketentaraan beserta lambang penghargaan di dadanya. Untuk itu, dalam sidang selanjutnya tanggal 29 nanti Hakim melarang terdakwa memakai militernya lagi.@ian_lensa

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 22 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/22/mantan-pangdam-jaya-jalani-sidang-militer-perdana.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment