Wednesday, April 24, 2013

Dishutbun Bojonegoro siapkan bibit unggul tanam tembakau - Girilaya Real Groups

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

LENSAINDONESIA.COM: Untuk memaksimalkan dan mempertahankan Bojonegoro sebagai penghasil tembakau berkwalitas istimewa, Dinas Perhutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur pada musim kemarau tahun ini menyiapkan bibit tembakau jenis Virginia Ogst (VO) dan Jawa dengan luas lahan mencapai 15.000 Hektare.

Kepala Dishutbun Bojonegoro, Ahmad Jupari saat dikonfirmasi LI COM Rabu ( 24/4/2013) mengatakan bahwa persediaan bibit tembakau jenis Virginia Ogst dan Jawa masih mencukupi lahan yang ada. Meski begitu, pihaknya tidak akan menargetkan luas lahan tembakau, melainkan mempertahankan kualitas tembakau.

Baca juga: BKBPM Malang rintis 'Keluarahan Layak Anak' dan Jelang batas akhir, 4 Parpol ramai-ramai datangi KPU Jatim

"Untuk target luas lahan tidak ada. Kami dari tahun ke tahun akan terus mempertahankan kualitas tembakaunya," kata Jupari.

Dishutbun berharap, kelompok tani dapat memilih jenis tanaman tembakau yang menguntungkan pada musim kemarau mendatang. Sehingga dapat memenuhi harapan yaitu mendapatkan hasil terbaik pada musim panen tambakau nantinya.

Jupari menjelaskan, pada musim tanam tembakau bulan depan, pihaknya mempersiapkan bibit tembakau Virginia VO varietas T45 sebanyak 168 kilogram, varietas K326 sebanyak 12 kilogram, dan tembakau Jawa varietas Grompol Jatim 17,50 kilogram.

"Bibit-bibit tersebut dihasilkan dari penangkaran sendiri yang bekerja sama dengan Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) asal Malang," tandasnya.

Sebanyak 80 kelompok tani yang tersebar di 15 kecamatan sudah mengambil benih tembakau Virginia VO varietas T-45 sebanyak 26 kilogram dan varietas K-326 sebanyak 1 kilogram. Selain itu juga benih tembakau Jawa varietas Gerombol Jatim 6,5 kilogram.

"Begitu juga pihaknya juga akan membantu pemasaran hasil tembakau Bojonegoro ke luar daerah, sehingga pedagang luar Bojonegoro dapat bersaing, dan hasil tembakau Bojonegoro lebih layak untuk bersaing dengan daerah lain," katanya.hidayat

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 24 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/24/dishutbun-bojonegoro-siapkan-bibit-unggul-tanam-tembakau.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment