Monday, April 8, 2013

Penanggulangan terorisme di forum APEC angkat citra Indonesia

LENSAINDONESIA.COM: Deputi Kerja Sama Internasional Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Harry Purwanto mengemukakan salah satu pembahasan tentang penanggulangan terorisme dalam “Senior Officials Meeting” (SOM) ke-2 “Asia-Pacific Economic Cooperation” (APEC) akan mengangkat citra Indonesia.

“Ada dampaknya bagi Indonesia. Langkah-langkah kita dalam penanggulangan terorisme selama ini memberikan keyakinan kepada pihak luar bahwa Indonesia bisa mengatasi persoalan itu,” katanya di sela-sela acara SOM II APEC di JW Marriott Surabaya, Minggu (07/04/2013).

Baca juga: Forum APEC di Surabaya bahas antisipasi terorisme antar negara dan Menlu Resmi Perkenalkan Logo Baru APEC Indonesia 2013

Dengan demikian, lanjut dia, bahaya terorisme bisa diminimalisir dengan baik. “Kita tunjukkan bahwa Indonesia memang aman. Kita juga buktikan bahwa orang-orang Indonesia itu baik-baik, tidak seperti yang diberitakan media,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, manfaat Indonesia jadi tuan rumah penyelanggaraan APEC adalah, pertama citra dan kedua bisa memperkenalkan tempat-tempat wisata di Indonesia.

“Dana promosi sangat tinggi. Sedangkan kita merasa, barang bagus tidak perlu dijual tapi datang sendiri,” katanya.

Apalagi, lanjut dia, didukung oleh promosi wisata yang bagus, maka warga asing yang datang ke Indonesia pasti akan terpesona.

“Biasanya kalau ada orang Eropa sekali datang Ke Malaysia pasti melihat dunia lain (terpesona). Padahal kalau menyeberang lagi ada Indonesia, pasti akan jatuh cinta,” katanya.

Direktur Kerjasama Intra Kawasan Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Arto suryodipuro mengatakan tujuan umum dari Forum APEC kali ini adalah agar Forum APEC bisa menghubungkan relasi antarnegara dalam kaitannya dengan investasi infrastruktur.

“Di Asia Pasifik ada kesepakatan itu. Makanya dalam pertemuan ini diharapkan bisa mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, peran dari aktor ekonomi seperti usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang selama ini belum mendapatkan penekanan, maka dalam APEC ini akan dibahas.@ridwan_licom/ant

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Mohammad Ridwan @lensaindonesia 07 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/07/penanggulangan-terorisme-di-forum-apec-angkat-citra-indonesia.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment