Monday, April 8, 2013

Polresta Blitar gelar simulasi penyelamatan korban tenggelam

LENSAINDONESIA.COM: Guna keperluan tanggap bencana, Kepolisian Resor (Polres) Kota Blitar menggelar simulasi bencana dengan skenario penyelamatan korban yang tenggelam.

“Karakteristik alam di Blitar ini sewaktu-waktu bisa menimbulkan bencana. Kami lakukan latihan langsung menghadapi bencana,” kata Kapolresta Blitar AKBP Indarto, Minggu (07/04/2013).

Baca juga: Lama Menjanda, Ibu Rumah Tangga Jual Pil Koplo dan Asyik "Nyruput" Kopi di Warung, Dua Anggota Satpol Blitar Diseruduk Mobil

Ia mengatakan, tim melakukan latihan untuk menghadapi bencana banjir. Mereka diberi latihan mengevakuasi korban, serta diberi pelatihan teknik “search and rescue” (SAR).

Lokasi latihan itu dilakukan di Waduk Nyunyur yang terletak di Desa Soso, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Sejumlah warga terlibat simulasi dengan skenario tenggelam saat mereka sedang memancing.

Petugas ada yang menggunakan perahu karet untuk mengangkut para korban dan dibawa ke tepi danau. Korban diberi pertolongan medis.

Di Blitar terdapat sejumlah daerah yang perlu diwaspadai terutama saat musim hujan karena bencana bisa terjadi sewaktu-waktu, di antaranya di Waduk Nyunyur, Kali Lekso, dan sejumlah lokasi lain di Kabupaten Blitar.

Bahkan, pada akhir pekan lalu, terdapat seorang pengendara sepeda motor yang tewas di dam Kali Lekso, Desa Tegal Rejo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Korban bernama Didit Temin (30), warga Babadan, Kecamatan Wlingi.

Saat itu, korban melintas di dam tersebut menggunakan sepeda motor. Saat itu, secara bersamaan air bah menerjang, dan korban terseret dengan sepeda motornya bernomor polisi AG 2768 LM. Korban ditemukan meninggal dunia dengan jarak sekitar 300 meter dari lokasi kecelakaan.@ridwan.licom/ant

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Mohammad Ridwan @lensaindonesia 07 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/07/polresta-blitar-gelar-simulasi-penyelamatan-korban-tenggelam.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment