Monday, April 8, 2013

REPDEM tuding Muhaimin Iskandar tak paham 4 pilar kebangsaan

LENSAINDONESIA.COM: Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menilai konsep 4 pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika) yang digagas oleh MPR perlu diralat. Menurutnya, Pancasila sebagai dasar negara tidak dapat disamakan sebagai pilar.

“Doktrin 4 pilar telah salah. Karena Pancasila bukan pilar tetapi dasar,” terang Muhaimin dalam Seri Diskusi Penerus Perjuangan Gus Dur di Gedung DPP PKB, Minggu (07/04/2013) kemarin.

Baca juga: Bukan Soal Capres, Cak Imin Bertemu Rhoma Irama Cuma Silaturahim, Bro! dan Minta Kurikulum Perguruan Tinggi Diubah, Menakertrans Ngawur

Menyikapi pernyataan Muhaimin, REPDEM menyayangkan ketidakpahaman Muhaimin tentang substansi 4 Pilar Kebangsaan.
Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), jelas disebut bahwa makna Pilar tidak hanya sebagai tiang, namun juga bermakna Dasar.

“Jadi, keberadaan Pancasila tetap diposisikan sebagai dasar yang lebih tinggi dibandingkan pilar-pilar lainnya,” tegas REPDEM, dalam pernyataannya, Senin (08/04/2013).

Muhaimin memahami bahwa 4 Pilar adalah setara. Padahal, Pancasila bagaimanapun juga tidak bisa disetarakan dengan UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Karena masing masing memiliki urgensinya sendiri.

Konsep 4 Pilar Kebangsaan sebelum dimufakati oleh MPR, sudah melalui pembahasan dalam musyawarah yang diikuti oleh seluruh fraksi partai politik di MPR, termasuk fraksi PKB.

Seharusnya Muhaimin sebagai ketua umum Partai ikut mendorong partainya maupun kementerian yang dipimpinnya untuk pro aktif mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan didalam masyarakat, bukan malah mengevaluasi.

Tantangan terbesar kita bersama hari ini adalah mengembalikan kembali dan menjalankan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar bernegara dengan melaksanakan UUD 1945, menjaga NKRI dan menghormati Kebhinnekaan dalam masyarakat Indonesia.@ari

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Rizal Hasan @lensaindonesia 08 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/08/repdem-tuding-muhaimin-iskandar-tak-paham-4-pilar-kebangsaan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment