Sunday, April 21, 2013

“Kartini” Sumenep ajak anak usia dini peduli lingkungan dan kesehatan

LENSAINDONESIA.COM: Puluhan mahasiswi yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) kampus STKIP PGRI Sumenep, Madura punya cara unik memperingati Hari Kartini yang jatuh pada hari ini (21/04/2013).

Para “Kartini” Sumenep ini, mengajak anak-anak usia dini menggelar penanaman pohon dan membuka layanan cek kesehatan gratis di Rumah Pintar Keraton Sumenep.

Baca juga: Video Mesum Pelajar SMU Gemparkan Sumenep dan Ratusan Siswa SMA PGRI Sumenep Mogok Belajar

Khudaifah, koordinator kegiatan mengatakan, momentum Hari Kartini merupakan saat tepat menanamkan nilai peduli lingkungan dan kesehatan pada diri anak-anak.

“Kami ingin agar adik-adik yang usianya masih belia ini peduli keberlangsungan hidup alam sekitar dan kesehatan. Momentum Hari Kartini adalah saat yang pas menanamkan nilai-nilai itu,” ucapnya ketika menemui LICOM selesai acara.

Untuk merangsang kepekaan anak usia dini, imbuhnya, harus ada aktifitas yang mendorong mereka peduli terhadap keberadaan lingkungan. “Makanya kami menanam pohon. Adik-adik diberikan kesempatan menanam pohon sendiri.”

Sedangkan pohon yang ditanam meliputi pohon mangga, pohon jeruk, pohon kelengkeng, pohon rambutan dan tanaman toga. Semua pohon itu ditanam di halaman Rumah Pintar yang sudah disediakan pot.

Khudaifah menuturkan, pihaknya merasa kesulitan ketika ingin mengecek kesehatan anak-anak belia itu, karena banyak yang takut melihat jarum suntik. “Tapi ketika diberi bingkisan, akhirnya mereka mau,” jelasnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 07:00 dan selesai pukul 10:30 WIB ini diikuti oleh anak-anak TK Miftahul Ulum, TK Qurrotu A'yun, TK Wijaya Kusuma, PAUD Cendana dan Air Zuara, juga SD Paberasan. Semua lembaga pendidikan itu berasal dari seputar Kota Sumenep.

Selesai rangkaian acara di Rumah Pintar rampung, aktivis mahasiswi ini berjalan kaki menuju jalan raya depan Masjid Agung Sumenep. Di sana, mereka memberikan selebaran berisi ajakan peduli lingkungan dan kesehatan kepada pengguna jalan yang melewati jalur itu.@rhahmatullah

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Mohammad Ridwan @lensaindonesia 21 Apr, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/04/21/kartini-sumenep-ajak-anak-usia-dini-peduli-lingkungan-dan-kesehatan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment