Saturday, May 25, 2013

Ribuan umat Budha ikuti puncak prosesi Waisak di Candi Borobudur

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

LENSAINDONESIA.COM: Ribuan umat Budha malam ini akan mengikuti puncak seremonial prosesi perayaan Waisak di Candi Borobudur. Dalam seremonial yang dilanjutkan dengan Pradaksina dan pelepasan lampion itu, Menteri Agama Suryadharma Ali dijadwalkan hadir.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2013 juga dipusatkan di kawasan Candi Borobudur dan Candi Mendut, Magelang, Jawa Tengah. Detik-detik meditasi Waisak berlangsung pada Sabtu (25/05/13) pukul 11.24.39 WIB. Setelah itu pada pukul 13.00 WIB, prosesi dilanjutkan dengan berjalan kaki dari Candi Mendut ke Candi Borobudur yang berjarak sekitar 3 kilometer.

Baca juga: Presiden SBY buka sidang Dewan Olahraga Militer Internasional 2013 dan Ibukota kosong, Presiden dan Wapres saksikan Latgab TNI di Situbondo

Selain di Borobudur, prosesi Waisak juga dilakukan oleh umat Budha di berbagai kota di tanah air. di antaranya di Denpasar, Bali, ribuan umat Budha memadati Vihara Buddha Sakyamuni untuk melakukan pujabakti Waisak. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam akun twitternya, @SBYudhoyono juga menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Waisak 2013 kepada umat Budha di Indonesia.

“Mari kita terus berbuat kebajikan sbg landasan moral menuju kehidupan berbangsa yang sejahtera,” tulis SBY pada akun twitternya, Sabtu (25/05/13) sore.

Perayaan Tri Suci Waisak tahun ini mengambil tema ‘Dengan Semangat Waisak Kita Tingkatkan Kesadaran Untuk Terus Berbuat Kebajikan’. Sedangkan Sub temanya adalah ‘Sucikan Pikiran, Tingkatkan Kebajikan, Kehidupan menjadi Harmonis’.

Seperti diketahui, Waisak merupakan perayaan atas tiga peristiwa penting dalam agama Buddha. Yaitu memperingati kelahiran Pangeran Sidharta, Sidharta mencapai kebuddhaan, dan wafatnya Sang Buddha Gautama.@fahmi

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Khairul Fahmi @lensaindonesia 25 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/25/ribuan-umat-budha-ikuti-puncak-prosesi-waisak-di-candi-borobudur.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment