Sunday, May 19, 2013

Politisi wanita Pakistan ditembak mati

LENSAINDONESIA.COM: Seorang politisi perempuan senior Pakistan tewas ditembak di kota pelabuhan Karachi. Zahra Shahid Hussain adalah wakil presiden dari Partai Gerakan untuk Keadilan Pakistan (PTI), yang dipimpin oleh mantan bintang kriket internasional, Imran Khan.

Hussain ditembak oleh pria yang membonceng sepeda motor di luar rumahnya di kawasan pusat kota Defence. Pembunuhan ini terjadi persis menjelang dilangsungkannya pemilihan ulang yang sudah diselenggarakan Sabtu (18/05) kemarin.

Baca juga: Teleskop Kepler, pelacak planet baru rusak dan Cina terancam dilanda hujan badai

Hingga saat ini tak jelas apa motif di balik pembunuhan tersebut meski pemimpin PTI Imran Khan langsung menuding kubu partai berkuasa setempat, MQM, sebagai dalang pembunuhan itu.

Menurut koran Dawn terbitan lokal dengan mengutip sumber polisi, penembakan terjadi di tengah upaya perampokan.

Tetapi laporan yang muncul menurut wartawan BBC di Karachi, Shahzeb Jillani, menyebut korban ditembak dua kali tepat di kepalanya. Hal ini menimbulkan kecurigaan aksi perampokan itu sekedar kedok untuk melakukan pembunuhan.

Pemimpin cabang PTI setempat Firdous Shamim kepada kantor berita AFP mengatakan Hussain “baru akan berangkat dari rumah waktu tiga orang pria menyerang. Dipikirnya mereka mau menjambret tas jadi dia serahkan saja, tetapi ternyata malah kemudian ditembak”.

Meski korban sempat dibawa ke rumah sakit, nyawanya tak tertolong lagi. Presiden Pakistan Asif Ali Zardari menyebut pembunuhan ini “insiden tragis” dan mengutuk pelakunya.

Sementara rencananya pemilu ulang digelar hari ini karena permintaan partai Imran Khan yang merasa MQM melakukan banyak kecurangan pada pemilu awal. Tentu saja MQM yang menguasai kursi wakil rakyat terbanyak di Karachi, membantah.

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 19 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/19/politisi-wanita-pakistan-ditembak-mati.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment