Monday, May 20, 2013

Banyuwangi siapkan Rp 120 miliar untuk perbaikan jalan rusak 300 km

LENSAINDONESIA.COM: Tahun 2013 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi mengalokasikan anggaran Rp 120 miliar untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan yang rusak sepanjang 300 kilometer.

Selain itu, Pemkab juga menyiapkan 3.000 drum aspal untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan desa yang rusak ringan.

Baca juga: Demo Puluhan Sopir Angkot BP dan DP Macetkan Jalan

“Aspal itu akan diberikan kepada kelompok masyarakat yang membuat proposal untuk perbaikan jalan seperti jalan desa, jalan antar desa, jalan kecamatan dan jalan antar kecamatan,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Banyuwangi Mudjiono, Minggu (19/05/2013).

“Ini merupakan stimulan untuk mendorong masyarakat melakukan swadaya perbaikan jalan dengan bantuan aspal dari pemerintah. Secara teknis masyarakat yang menutup lubang jalan yang rusak dan kami akan mengaspal jalan itu,” tuturnya.

Sejumlah proposal yang diajukan ke Dinas PU Bina Marga dan Cipta Marga, lanjut dia, akan dicek ke lokasi dan diukur kebutuhanya aspalnya, dengan catatan jalan tersebut kondisinya rusak ringan.

“Tahun lalu, kami mendistribusikan sebanyak 1.000 drum aspal untuk pemeliharaan jalan sepanjang 22 km yang tersebar di lima desa yakni Desa Sumbergondo, Temborejo, Sumbersewu, Gombengsari, dan Sumberagung,” ujarnya.

Ia menjelaskan infrastruktur merupakan salah satu sarana pendukung masuknya gerbang investasi atau aksesibilitas dalam memperlancar aktivitas perekonomian di daerah, sehingga pemkab terus meningkatkan anggaran pemeliharaan atau pembangunan jalan poros di seluruh wilayah kabupaten setempat.

“Selama dua tahun terakhir ini Pemkab Banyuwangi terus membangun dan memelihara Infrakstruktur jalan sebagai alat yang utama pembuka aksesbilitas ke segala sektor,” katanya.

Untuk akses pariwisata, Dinas PU juga telah merencanakan pelebaran jalan menuju objek wisata bagi peselancar di Plengkung (G-Land) dari Tegaldlimo – Dambuntung Kalipahit, serta arah ke Rowobayu di Kecamatan Songgon.@ridwan_licom/ant

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Rosdiansyah @lensaindonesia 19 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/19/banyuwangi-siapkan-rp-120-miliar-untuk-perbaikan-jalan-rusak-300-km.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment