Sunday, May 19, 2013

Engineering Spirit for Economy Corporate Business

LENSAINDONESIA.COM: Gelaran TEDx ITS kembali hadir menyajikan beragam inspirasi dari banyak figur asal Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Stefan S Handoyo, Hendro Nurhadi, dan Irfan Asy'ari Sudirman. Bertempat di ruang seminar gedung pasca sarjana ITS, kegiatan ini pun sontak mengundang ketertarikan mahasiswa ITS untuk menyaksikannya.

"Akar masalah dari krisis ekonomi dunia adalah semakin merajelanya ketamakan manusia. Mereka ingin segalanya dapat dimiliki," sebut Stefan di awal presentasi bertajuk Engineering Spirit For Economy Corporate Business.

Baca juga: ITS buka dua jurusan baru dan ITS tanda tangani MoU dengan PT Solusi 247

Ia mengatakan pola pikir yang menasbihkan harta merupakan pokok permasalahan yang seharusnya dirubah. Menurutnya, sudah seharusnya generasi saat ini mengedepankan kepedulian antar sesama, terutama terhadap lingkungan sekitar.

Dalam presentasi lainnya, dijelaskan pula oleh Hendro Nurhadi mengenai Kebermanfaatan dan Kebergunaan Teknologi. Secara singkat ia memberikan tiga pandangan terhadap perkembangan dunia teknologi yang seharusnya tidak disalahgunakan. Pertama, ialah kecanggihan teknologi. Ia mengibaratkan seperti teknologi yang sedang dikembangkannya baru-baru ini yaitu teknologi Machine Vision.

Teknologi ini memiliki fungsi sebagai alat pengukur tingkat kejulingan mata seseorang yang mengalami penyakit tertentu di bidang kesehatan mata.

"Ini berawal dari penyakit juling semu yang diderita anak saya hingga berujung pada pemikirang untuk membuat teknologi yang mampu membantu orang lain," jelas dosen Jurusan Teknik Mesin ITS ini. Selanjutnya, ia juga menerangkan bagaimana penyalahgunaan teknologi itu terjadi di zaman sekarang.

"Tank, senjata, bahkan nuklir boleh jadi merupakan suatu petaka yang saya namakan Technology Disaster," ujarnya.

Ia pun mengungkapkan sudah seharusnya teknologi bisa digunakan untuk kebaikan dan upaya menjaga perdamaian, bukan untuk saling berperang.

Alhasil, beberapa temuan fenomenalnya juga berhasil membantu permasalahan yang terdapat di bidang pertahanan. Yaitu kapal selam khusus yang tidak bisa terlacak oleh radar dimana merupakan bahasan selanjutnya yang bertema Technology For Mankind and Peace. @angga_perkasa

 

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Catur Prasetya @lensaindonesia 19 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/19/engineering-spirit-for-economy-corporate-business.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment