Wednesday, May 22, 2013

Lamongan belum pernah dapat Adipura Kencana

LESAINDONESIA.COM: Lamongan sudah enam kali berturut-turut meraih Adipura. Namun belum pernah mendapat Adipura Kencana. Untuk itu Pemkab Lamongan harus lebih inovatif dalam pengelolaan kebersihan.

Untuk memperoleh Adipura Kencana, herus memiliki nilai lebih dari sekedar syarat yang dipatok untuk penilaian Adipura. Saran itu disampaikan oleh Sarwono Kusumaatmaja, salah satu anggota Dewan Pertimbangan Adipura (DPA) sat berkunjung ke Lamongan, Rabu (22/5, untuk melakukan penilaian Adipura Kencana 2013.

Baca juga: Walikota launching program Surabaya green and clean

Selain DPA yang terdiri dari para tokoh penggiat lingkungan, Sarwono Kusumaatmaja dan Rahmat Witoelar, turut hadir ke Lamongan, Asisten Deputi Pengelolaan Sampah pada Kementerian Lingkungan Hidup (LH) Sudirman. Sebelum melakukan pantauan, mereka diterima dan mendengarkan paparan Bupati Fadeli didampingi Sekkab Yuhronur Efendi bersama SKPD terkait.

Sarwono Kusumaatmaja, mengaku mendapat tugas dari Kementerian LH untuk ke daerah-daerah yang sudah secara konsisten berungkali menerima Adipura. "Kami tidak memutuskan (peraih Adipura Kencana). Namun hanya memberikan saran secara kualitatif pada Kementerian LH terkait Adipura Kencana, " ucap Sarwono, di Guest House Pemkab Lamongan

"Sejarah Adipura adalah soal penialian fisik. Sementara Adipura Kencana harus lebih dari sekedar fisik yang bagus. Tadi dari paparan Pak Bupati sudah saya lihat ada terobosan terkait penggunaan energi terbarukan di Lamongan,” tutur mantan Menteri KLH di era Orde Baru itu.

Poin penting lainnya terkait Adipura Kencana, masih menurut Sarono Kususmaatmaja,  harus ada keseimbangan program LH antar kota dengan daerah interlandnya. Kemudian kualitas kesadaran dan partisipasi masyarakat, dan pengaruh program lingkungan hidup terhadap kualitas hidup warganya.@ Ali Muhtar

 

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 22 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/22/lamongan-belum-pernah-dapat-adipura-kencana.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment