Wednesday, May 22, 2013

Pertamakali sejak 36 tahun, PM Jepang kunjungi Myanmar

LENSAINDONESIA.COM: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan mengunjungi Myanmar pada 24-26 Mei untuk meningkatkan hubungan ekonomi bilateral. Kepala Sekretaris kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan, kunjungan ini merupakan yang pertamakali bagi Jepang sejak 36 tahun yang lalu. Kepada sejumlah media Jepang, Rabu (22/5/2013), Suga menyatakan kunjungan itu akan membicarakan sejumlah hal penting.

Selama kunjungannya, Abe, akan pula didampingi oleh sekelompok pemimpin bisnis Jepang. Diperkirakan, ia akan mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Myanmar dan pejabat senior untuk membahas kerjasama ekonomi bilateral, kata Suga.

Baca juga: BTN umumkan 21 skuad Timnas U-14 dan P3I laporkan Pemkot Surabaya ke Kejati Jatim

Jepang telah meningkatkan hubungan dengan Myanmar sejak kabinet Abe dibentuk Desember lalu. Myanmar menjadi tujuan dari kunjungan luar negeri pertama yang dibuat oleh anggota kabinet Taro Aso pada bulan Januari.

Selama kunjungan Aso, wakil perdana menteri yang merangkap menteri keuangan, menegaskan kembali niat Jepang untuk mengucurkan 500 milyar yen (sekitar 4870000000 dolar AS) sebagai hutang. Diantaranya, menyediakan 50 milyar yen (sekitar 487,5 juta dolar) untuk mengembangkan zona ekonomi di Myanmar.

Pada bulan April, pemimpin oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi memulai perjalanan pertama ke Jepang dalam 27 tahun dan meminta Jepang untuk berinvestasi lebih banyak di negaranya. (rez)

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Anggi Tiar @lensaindonesia 22 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/22/pertamakali-sejak-36-tahun-pm-jepang-kunjungi-myanmar.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment