Wednesday, May 22, 2013

Harga kacang hijau mendadak naik dua kali lipat di pasaran

LENSAINDONESIA.COM: Kenaikan harga kacang hijau yang terjadi belakangan ini dirasa membebani para pengrajin tauge atau kecambah. Tak tekecuali komunitas di daerah Pucangan, Surabaya, yang kini mulai kesulitan mendapat pasokan dari para distributor. Diduga telatnya pasokan dikarenakan melonjaknya harga kacang hijau yang naik dua kali lipat.

Adapun beberapa jenis kacang hijau yang mengalami kenaikan adalah jenis RRT dan Sumbawa yang tadinya seharga 7.000/kg rupiah, sekarang naik hingga kisaran Rp 16.000/kg. Sedangkan untuk jenis Eutopia mencapai harga Rp 17.500/kg, dari sebelumnya Rp 9.000/kg.

Indah Muhayati (53), salah satu dari puluhan pembuat tauge mengaku bahwa dirinya merasa terbebani dengan adanya kenaikan itu. Jika nekat membeli banyak, dia akan kesulitan menjual lagi ke pasaran. “Tauge yang dijual ada dua jenis yakni panjang dan pendek. Tauge panjang mencapai harga Rp 3.500 dan tauge pendek Rp 15.000.

“Kabarnya semua naik karena panen kali ini sedikit. Biasanya untuk Sumbawa dan RRT itu setahun bisa 2 sampai 3 kali panen, namun sekarang cuma 2 kali itupun sedikit. Tapi untuk jenis Eutopia tetap rutin tapi ya ikutan naik gak tau kenapa,” jelasnya pada LICOM saat ditemui di rumahnya Jl Pucangan Gg 1 no 30b.

Tidak itu juga, kualitas kacang hijau yang biasanya didapat bagus, kali ini banyak yang rusak. Sedangkan takaran pembuatan tauge ini untuk per 30kg kacang hijau bisa menjadi tauge panjang 150kg dan tauge pendek 60kg. Karena sekarang kualitasnya jelek, maka 30 kg kacang hijau tadi hanya mampu menjadi140kg tauge panjang dan 50kg tauge pendek jumlah. @Dony

alexa ComScore Quantcast Google Analytics NOscript

Andiono Hernawan @lensaindonesia 22 May, 2013
enclosure:


-
Source: http://www.lensaindonesia.com/2013/05/22/harga-kacang-hijau-mendadak-naik-dua-kali-lipat-di-pasaran.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment